Kamis, 02 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 12 Juni 2020 | 09:15 WIB

Hitekno.com - Setelah Canon dan Fujifilm, kini Panasonic susul untuk merilis perangkat kamera mirrorlessnya sebagai webcam hanya dengan kabel USB.

Berkat versi beta baru dari aplikasi Lumix Tether, kini kamera mirrorless dapat digunakan sebagai webcam, yang tentunya akan memiliki gambar dengan kualitas yang lebih baik.

Dengan menggunakan aplikasi Lumix Tether memungkinkan pengguna menghubungkan kamera ke laptop untuk pemotretan.

Tak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna melihat tampilan langsung dari kamera ke laptop dengan kotak fokus dan beberapa kontrol di layar.

Selain bisa digunakan untuk mengirim foto ke komputer pengguna setelah pengguna memotretnya, kini pembaruan ini membuat Panasonic memungkinkan pengguna menggunakannya sebagai webcam.

Tentunya dengan menghapus elemen UI sehingga pengguna bisa menggunakannya sebagai webcam yang bisa digunakan untuk video call.

Panasonic Lumix S1R dan S1. (Amazon)

 

Kini aplikasi video call adalah perangkat utama yang populer dan banyak digunakann banyak orang untuk menyapa orang lain baik untuk masalah pekerjaan maupun sekolah.

Pasalnya sejak pandemi yang mulai meluas, membuat banyak orang tak bisa melakukan aktivitas di luar rumah termasuk sekolah dan bekerja.

Dilansir dari laman The Verge, versi baru aplikasi ini hanya diperuntukan untuk Windows, bahkan Pansonic sendiri mengatakan jika aplikasi ini hanya kompatibel dengan kamera tertentu saja.

Seri kamera yang kompatibel ini adalah kamera DC-GH5, DC-G9, DC-GH5S, DC-S1, DC-S1R, dan DC-S1H.

Sebelumnya Canon dan Fujifilm sudah memiliki aplikasi untuk menggunakan kamera menjadi webcam melalui USB.

Bahkan kini Canon merilis software webcam tersebut untuk perangkat Windows dan Mac. Sedangkan untuk Fujifilm, sama dengan Panasonic software webcam tersebut baru bisa digunakan untuk perangkat Windows saja.

BACA SELANJUTNYA

Mungil Namun Praktis dan Ringkas, Canon Rilis Printer Pixma TR150