Jum'at, 23 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 12 Juni 2020 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Asus telah mengenalkan perangkat barunya, dari laptop hingga PC yang menggunakan AMD Ryzen 4000. Tentu saja laptop Asus ini bisa dihadirkan ke Tanah Air.

Perangkat laptop Asus yang yang diotaki AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang terdiri dari TUF Gaming A15, ROG Zephyrus G15, dan VivoBook S14 (M433).

Sementara lini PC desktop akan diisi oleh ROG Strix GA15 dan ROG Strix GA35.

AMD Ryzen 4000. [YouTube/AMD]

 

Sekadar catatan, AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors tercatat sebagai prosesor mobile x86 pertama didunia dengan teknologi fabrikasi 7nm pada arsitektur core ‘Zen 2’.

"Asus adalah produsen komputer pertama yang menawarkan solusi lengkap untuk perangkat yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors, mulai dari laptop mainstream, laptop gaming, hingga gaming desktop," ujar Jimmy Lin, Regional Director Asus Southeast Asia, Rabu (10/6/2020).

Berikut ini daftar PC dan laptop Asus yang telah ditenagai AMD Ryzen 4000 untuk diluncurkan ke Tanah Air.

Asus TUF Gaming FX506

Asus TUF Gaming FX506. [Asus Indonesia]

 

Untuk laptop Asus TUF Gaming FX506, laptop gaming ini hadir dalam balutan warna Fortress Gray dan Bonfire Black yang dikemas dalam layar 15 inci.

Keduanya juga mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD-810H dan telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, dan uji ketahanan pada suhu serta kelembapan ekstrem.

Harga untuk laptop Asus TUF Gaming FX506 ini dibanderol mulai Rp 14,3 juta.

Asus ROG Zephyrus G15

Asus ROG Zephyrus G15. [Asus Indonesia]

 

Kedua, ada laptop Asus ROG Zephyrus G15 yang juga menggunakan AMD Ryzen 4000 HS-Series Mobile Processors.

Berbeda dengan seri ROG Zephyrus pada umumnya, ROG Zephyrus G15 tidak mengusung sistem pendingin Active Aerocooling System (AAS).

Sebagai gantinya, laptop ini mengusung desain baru dengan sistem pendingin khusus yang dilengkapi teknologi Self Cleaning Cooling.

Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen. Mahar untuk laptop ini mulai dari Rp 22 juta.

Asus ROG Strix GA35

Asus ROG Strix GA35. [Asus Indonesia]

 

Selanjutnya, Asus memperkenalkan ROG Strix GA35 sebagai gaming desktop powerful untuk segala kebutuhan penggunanya.

Hadir dengan desain minimalis yang dilengkapi fitur dual-chamber, Asus ROG Strix GA35 merupakan seri gaming desktop kelas enthusiast dari ROG.

Meski tampil sebagai gaming desktop, namun Asus ROG Strix GA35 adalah PC desktop yang sangat powerful dan dapat digunakan untuk tugas-tugas yang membutuhkan performa komputasi tinggui seperti video editing atau CAD work.

Sebagai bagian dari keluarga ROG, desktop gaming ROG Strix GA35 juga hadir dengan desain khas yang telah digunakan di produk ROG lainnya.

Selain dilengkapi dengan desain windshear yang khas serta hadir dengan fitur Aura Sync, ROG Strix GA35 juga mengadopsi fitur dari laptop gaming ROG seperti Keystone.

Fitur layaknya "kunci" tersebut memungkinkan pengguna ROG Strix GA35 untuk menyimpan dan mengaplikasikan profile serta pengaturan yang ada di Armoury Crate.

Tidak hanya itu, keystone juga dapat digunakan untuk membuka Shadow Drive atau drive penyimpanan khusus dengan fitur enkripsi yang dapat disembunyikan.

Soal performa, Asus ROG Strix GA35 ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 3950X yang telah menggunakan arsitektur Zen2 7nm serta memiliki konfigurasi 16 core dan 32 thread. PC gaming ini bisa dikostumisasi sehingga harganya berada di kisaran Rp 31 - 81 juta.

Asus ROG Strix GA15

Asus ROG Strix GA15

 

Lalu, ada Asus ROG Strix GA15. Meski berada di kelas mainstream, PC Desktop gaming ini hadir dengan performa gaming tinggi berkat penggunaan kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2060 SUPER.

Soal dapur pacu, Asus ROG Strix GA15 ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 7 3700X yang telah menggunakan arsitektur Zen2 7nm serta memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Harga perangkat ini berkisar antara Rp 14,3 juta hingga Rp 25 juta.

Asus VivoBook S14 (M433)

Asus VivoBook S14 (M433). [Asus Indonesia]

 

Sementara itu, Asus VivoBook S14 (M433) melengkapi jajaran produk Asus yang ditenagai AMD Ryzen 4000. Perbedaan dengan produk lainnya, laptop ini ditujukan bagi kawula muda.

Oleh karena itu, Asus VivoBook S14 (M433) hadir dengan desain yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomasi sebebas-bebasnya. Kustomasi merupakan hal sepele namun sangat penting bagi kawula muda yang memang ingin diperhatikan dan berbeda dari yang lain.

Dimulai dari warna, Asus memberikan opsi sebanyak empat pilihan warna untuk Asus VivoBook S14 (M433) kali ini. Mereka yang memiliki kepribadian berwarna dan tegas dapat memilih warna Gaia Green atau Resolute Red.

Sementara mereka yang suka dengan desain yang lebih elegan dapat memilih varian warna Dreamy Silver atau Indie Black.

Dengan banyaknya pilihan warna, pengguna dapat menyesuaikan seleranya dengan tampilan laptopnya sehingga laptop Asus VivoBook S14 (M433) akan terasa lebih personal.

Soal jeroan, spsisifkasi Asus VivoBook S14 (M433) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 4700U yang hadir dengan arsitektur Zen2 terbaru yang dikawinkan dengan chip grafis AMD Radeon dan penyimpanan berupa PCIe SSD sebesar 512GB. Laptop kekinian ini dibanderol mulai dari Rp 11,8 jutaan.

Itulah daftar PC dan laptop Asus yang telah menggunakan AMD Ryzen 400 untuk pasar Indonesia. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Laptop Asus ZenBook 14 Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?