Minggu, 05 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 11 Juni 2020 | 19:33 WIB

Hitekno.com - Sebuah wallpaper berbahaya sempat membuat heboh karena bisa menyebabkan HP Android crash. Siapa orang di balik gambar pemandangan tersebut ini?

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah foto pemandangan danau yang bisa membuat beberapa HP Android crash. Rupanya wallpaper berbhaya tersebut hasil jepretan seorang ilmuwan dan fotografer amatir di San Diego, Amerika Serikat.

Gaurav Agrawal, nama fografer itu, mengaku ia tak percaya bahwa fotonya bisa memicu kehebohan di media sosial dan media massa. Ia mengatakan bahwa foto itu diambil di Danau St Mary, Glacier National Park, Montana dan dijepret pada Agustus 2019.

Ia menyimpan foto itu di Flickr dan mengku sudah melupakannya.

Tetapi alangkah terkejutnya Gaurav ketika tahu bahwa foto itu, jika dijadikan wallpaper di HP Android, bisa membuat gawai restart berulang kali. Satu-satunya solusi untuk masalah itu adalah mengaktifkan factory reset dan itu artinya semua data dalam ponsel akan hilang. Diduga masalah itu terjadi pada HP Android 10.

Gaurav Agrawal, ilmuwan dan fotografer amatir di San Diego, Amerika Serikat, yang fotonya bisa membuat HP Android hang. [Flickr]

 

"Saya tak sengaja. Saya sedih karena banyak orang kini mengalami masalah," kata Gaurav Agrawal kepada BBC.

Ia lalu bercerita tentang bagaimana foto itu diabadikan. Saat itu, kenang Gaurav, ia sedang berjalan bersama istrinya. Mereka memang ingin mengabadikan foto yang sempurna.

"Hari itu mendung dan kami pikir momen matahari terbenam akan biasa saja. Tetapi saat akan pergi, semuanya berubah," cerita Gaurav.

Ia lalu mengambil kamera Nikon-nya untuk memotret pemandangan danau di sore hari tersebut. Ia kemudian sedikit mengedit foto tersebut menggunakan peranti Lightroom.

Diduga ketika mengedit menggunakan Lightroom itulah masalah dimulai. Lightroom diketahui menyediakan tiga opsi mode warna dan mode yang dipilih oleh Gaurav diduga telah membuat banyak HP Android kelimpungan membaca datanya.

Cara mengatasi wallpaper HP berbahaya. (twitter/gadtorade)

 

Gaurav Agrawal sendiri memiliki lebih dari 10.000 follower di Flickr dan beberapa karyanya pernah diterbitkan oleh Majalah National Geographic.

"Saya dulu berharap foto-foto saya akan viral karena alasan yang baik, tapi sepertinya itu belum terjadi," tutup dia.

Itulah Gaurav Agrawal, sosok fotografer di balik wallpaper berbahaya yang bisa membuat HP Android crash. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Heboh Wallpaper Berbahaya, Bisa Bikin HP Android Crash