Jum'at, 10 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 10 Juni 2020 | 19:30 WIB

Hitekno.com - Aplikasi chat WhatsApp saat ini diketahui memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Jadi sarana berkirim media, WhatsApp sering kali boros kuota. Biar nggak boros, begini cara setting WhatsApp kamu agar hemat kuota.

Pada dasarnya, kapasitas WhatsApp menjadi sangat boros karena kiriman video dan foto melalui aplikasi tersebut. Untuk pesan sendiri tidak terlalu memakan kapasitas kuota yang besar sehingga masih aman.

Sangat disarankan saat akan mengirim video dan foto, kamu sebaiknya menggunakan jaringan WiFi dan bukan data internet kamu. Kalau masih nekat menggunakan jaringan internet biasa, tentu saja kuota kamu akan menjadi boros.

Biar kuota nggak terkuras, ada baiknya kamu bijak menggunakan aplikasi pesan singkat ini. Salah satu tindakan bijak adalah dengan melakukan cara di bawah ini agar kuota kamu tidak cepat habis untuk penggunaan WhatsApp.

Cukup mudah, cara agar WhatsApp kamu hemat kuota adalah dengan mengatur penggunaan data saat berkirim media. Untuk mengatur hal ini, kamu perlu masuk ke Settings di WhatsApp.

Cara setting WhatsApp agar hemat kuota. (HiTekno)

 

Selanjutnya, masuk ke pilihan 'Data and storage usage' untuk mengatur kapasitas data yang akan digunakan untuk menerima atau mengirim media di WhatsApp.

Pada pengguna iOS, tampilan berikut ini akan kamu temui saat membuka fitur tersebut. Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pengiriman foto, audio, video dan dokumen.

Cara setting WhatsApp agar hemat kuota. (HiTekno)

 

Jika tidak mendesak, kamu bisa memilih pilihan 'Never' untuk tidak mengunduh otomatis media yang masuk. Sedangkan pilihan 'WiFi' untuk mengatur media masuk hanya dapat diunduh melalui jaringan WiFi.

Cara setting WhatsApp agar hemat kuota. (HiTekno)

 

Namun, jika kamu cukup punya banyak kuota, pilihan 'WiFi and Cellular' bisa kamu pilih untuk mengunduh media dalam kondisi tersambung WiFi atau menggunakan paket data biasa.

Dengan cara satu ini, dijamin kamu akan lebih hemat kuota saat menggunakan WhatsApp. Bisa langsung dicoba di aplikasi WhatsApp kamu ya.

BACA SELANJUTNYA

Cara Baca Chat WhatsApp Diam-diam Tanpa Ada Notifikasi ke Si Pengirim