Jum'at, 23 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 04 Juni 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Jajaran kartu grafis AMD RDNA 2 dikabarkan akan diluncurkan pada musim gugur, menjelang rilis PlayStation 5 dan Xbox Series X. Seperti yang telah diketahui, kedua konsol game itu menggunakan kartu grafis dengan arsitektur yang sama.

Dilaporkan oleh PC Gamer, Chief Financial Officer AMD, Devinder Kumar, mengonfirmasi bahwa perusahaan sedang berada di jalur untuk meluncurkan CPU Zen generasi 3 dan GPU RDNA 2 pada akhir 2020.

Yang paling penting, ia juga mengklarifikasi bahwa produk RDNA 2 pertama adalah GPU Navi 2, alias Big Navi.

PlayStation 5 dan Xbox Series X menggunakan kartu dari keluarga GPU yang sama, tetapi kedua konsol ini tidak akan menggunakan Big Navi itu sendiri.

Jadi jika Big Navi akan menjadi produk RDNA 2 pertama yang tersedia, kita dapat mengasumsikan bahwa itu akan diluncurkan sebelum konsol generasi berikutnya keluar pada musim liburan akhir tahun.

PlayStation 5 vs Xbox Series X. (HiTekno.com)

 

Ini menunjukkan jajaran baru kartu grafis AMD pada awalnya akan diluncurkan sekitar bulan September atau Oktober.

Akankah Big Navi memberi tahu kita tentang kartu yang mendukung PlayStation 5  dan Xbox Series? Jawabannya bisa ya atau tidak.

Navi 2 tidak harus mewakili kinerja grafis konsol generasi berikutnya, hanya karena kemungkinan akan jauh lebih kuat.

Dilansir dari Games Radar, setiap kali AMD atau Nvidia mengeluarkan jajaran kartu grafis baru, mereka biasanya mengedepankan teknologi terbaik dan termahal sehingga mereka memiliki tolok ukur yang lebih baik untuk ditampilkan.

PlayStation 5 pakai arsitektur baru AMD. (AMD)

 

Itulah Big Navi, jawaban AMD untuk kartu Nvidia kelas atas seperti RTX 2080 TI, yang berharga lebih dari 1.000 dolar AS.

PlayStation 5 dan Xbox Series X perlu menggunakan kartu RDNA 2 yang lebih lemah untuk menekan harga konsol agar lebih terjangkau, sehingga spesifikasi mereka tidak cocok untuk Navi 2.

Namun, karena mereka menggunakan arsitektur dasar yang sama, peluncuran AMD setidaknya akan memberi kita beberapa ide tentang bagaimana kartu RDNA 2 dibangun dan bagaimana mereka dapat masuk ke perangkat keras generasi berikutnya secara keseluruhan.

BACA SELANJUTNYA

Sony Pamer User Interface PlayStation 5, Lebih Futuristis?