Jum'at, 10 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 02 Juni 2020 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Wallpaper berbahaya baru-baru ini membuat geger media sosial usai. Diduga, wallpaper HP ini dapat membuat HP Android kamu crash dan tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sekilas, tidak ada yang berbeda atau aneh dengan penampakan wallpaper HP berbahaya tersebut. Pemandangan yang indah memang membuat wallpaper ini menarik untuk digunakan.

Sayangnya, wallpaper indah tersebut justru menjadi teror bagi netizen yang ingin menggunakannya. Wallpaper HP ini disebut berbahaya karena mampu membuat HP Android kamu crash dan tidak bisa digunakan.

Kabar mengenai wallpaper berbahaya ini mencuri perhatian pertama kali usai diungkap oleh akun Twitter @UniverseIce pada Minggu (31/5/2020) lalu.

Memberikan peringatan keras, akun Twitter ini mengunggah foto wallpaper HP tersebut. Dirinya menyebutkan jika wallpaper tersebut sebaiknya tidak digunakan karena bisa membuat HP dengan merek Samsung menjadi crash.

Cara mengatasi wallpaper HP berbahaya. (twitter/gadtorade)

 

Walaupun sudah diperingatkan, netizen rupanya masih mencoba menjadikan gambar ini sebagai wallpaper HP. Alhasil, berbagai laporan terkait HP Samsung yang mengalami crash lalu marak beredar.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP crash akibat wallpaper HP berbahaya tersebut.

Menurut akun @gadtorade, wallpaper HP berbahaya ini kemungkinan membawa kode yang mengacaukan java run time.

PERINGATAN: cara ini akan menghapus data-data dan pengaturan hingga aplikasi yang ada di HP Android kamu. Karena cara ini akan melakukan reset factory yang mengembalikan HP Android ke pengaturan pabrikan.

Saat HP Android kamu khususnya Samsung mengalami crash, kamu bisa menekan tombol power dan memilih 'off' hingga HP dalam keadaan mati.

Kemudian, pilih volume up dan tombol power secara berbarengan untuk masuk ke Bootloader.

Dengan mengandalkan tombol volume, kamu bisa memilih untuk menghapus data atau hanya menghapus cache partition. Kedua pilihan ini berujung menghilangkan seluruh data pribadi yang tersimpan di HP kamu.

Atau dengan kata lain, kamu telah melakukan reset factory yang menghilangkan semua data, pengaturan, aplikasi yang terinstal di HP Android.

Cara mengatasi wallpaper HP berbahaya. (twitter/gadtorade)

 

Cara paling aman adalah menghindari membuka gambar wallpaper berbahaya tersebut. Jangan gunakan sebagai wallpaper HP Android kamu.

PERINGATAN: cara ini akan menghapus data-data dan pengaturan hingga aplikasi yang ada di HP Android kamu. Karena cara ini akan melakukan reset factory yang mengembalikan HP Android ke pengaturan pabrikan.

BACA SELANJUTNYA

Google Dikabarkan Tengah Perbaiki Wallpaper Berbahaya yang Viral