Jum'at, 10 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 01 Juni 2020 | 13:34 WIB

Hitekno.com - Sebuah gambar pemandangan tiba-tiba jadi ramai karena bisa menyebabkan HP Android crash hingga tidak bisa digunakan. Kenapa bisa begini?

Gambar wallpaper berbahaya tersebut menampilkan sebuah pemandangan danau dengan beberapa tanaman di depan, dan backgroud pegunungan yang tinggi.

Ditambah lagi langit dengan awan kelam, namun muncul semburat cahaya terang yang membuat gambar pemandangan tersebut memiliki suasana jadi dramatis.

Pastinya gambar ini akan menarik untuk dijadikan wallpaper di HP Android. Namun siapa sangka, malah bisa membahayakan HP kamu.

Kabar wallpaper berbahaya ini pertama kali disampaikan oleh leaker ternama Ice universe lewat akun Twitter @UniverseIce pada hari Minggu, (31/5/2020) kemarin.

Akun Twitter ini menyampaikan peringatan untuk tidak menjadikan foto pemandangan yang dia share sebagai wallpaper HP Android karena bisa membuat crash.

Terutama untuk para pengguna HP Samsung sangat disarankan menghindari gambar ini. Karena bisa membahayakan perangkat untuk bermasalah.

Wallpaper berbahaya bagi HP Android. (Twitter/ UniverseIce)

 

Ia juga menambahkan kalau ada orang yang mengirimkan gambar tersebut, diminta untuk mengabaikan. Karena gambar ini mulai ramai beredar.

"Ini bukan lelucon, tolong jangan coba-coba, saya harap seseorang dapat memahami mekanisme crash-nya untuk menghindari kerusakan wallpaper pada telepon." tambah Ice universe.

Pengguna pun mulai melaporkan masalah ini terjadi pada perangkat HP Android miliknya setelah memasang gambar tersebut sebagai wallpaper.

Tidak hanya HP Samsung, bahkan Google Pixel pun mengalami masalah. Juga sejumlah HP lain mengalami layar tiba-tiba kedip hidup mati sendiri.

9to5google pun menjajalnya di Google Pixel 2 dan masalah ini terjadi. Sedangkan Android Authority melaporkan kejadian ini tidak menimpa Huawei Mate 20 Pro.

Dikutip HiTekno.com dari Android Authority, kejadian serupa sempat dilaporkan pada 2018 silam. Namun Google masih belum berkomentar pada masalah ini.

Dugaan awal 9to5google pada wallpaper berbahaya ini, adanya metadata yang korup pada gambar ini tidak bisa dikenali dengan baik oleh HP Android.

Beberapa netizen di media sosial menuduh adanya API Google Skia dalam gambar tersebut yang membuatnya tidak bisa dikenali oleh HP Android hingga membuat crash.

Profil warna pada Google Skia bukan jadi standar pada HP Android sehingga tidak bisa dikenali dengan baik hingga menjadikan perangkat tersebut crash.

Namun 9to5google tidak menemukan bukti kuat adanya masalah dengan API Google Skia yang menyebabkan masalah ini bisa terjadi.

Dylan Roussel kontributor 9to5google menemukan kalau Google Pixel 4 XL miliknya memakai Android 11 tidak mendapati masalah wallpaper berbahaya ini.

Namun masalah terjadi pada Google Pixel 3 XL yang menjalankan Android 10 ketika memasang foto pemandangan tersebut sebagai wallpaper.

Lebih lanjut Dylan Roussel menduga kalau color space yang ada pada gambar tersebut tidak didukung oleh HP Android. Namun ia belum bisa mengkonfirmasi kebenarannya.

Sampai tulisan ini dibuat, masih banyak pihak yang berupaya mencari tahu kenapa masalah wallpaper ini bisa menimpa HP Android.

Belum ada bukti kuat apakah masalah wallpaper berbahaya ini disebabkan oleh API Google Skia. Namun dugaan awal merujuk pada permasalahan profile warna.

Sekali lagi, tidak disarankan untuk menjajal gambar tersebut sebagai wallpaper HP Android kamu. Terutama untuk pengguna Samsung dan merek lain, sebaiknya dihindari.

BACA SELANJUTNYA

3 Populer: 4 HP Android dengan NFC Rp 2 Jutaan dan Tulisan di Truk Sedot WC