Kamis, 09 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 30 Mei 2020 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Beredar sebuah perangkat yang diklaim bisa memberikan perlindungan spektrum terhadap radiasi  5G yang dijual seharga 350 dolar AS atau sekitar Rp 5,1 juta, ternyata setelah diselidiki perangkat tersebut cuma flash disk USB biasa.

Disebut 5GBioShield, flash disk ini memiliki lapisan nano katalis holografik yang diklaim memberikan perlindungan ketika diletakkan di dekat perangkat yang memancarkan radiasi, listrik, dan medan elektromagnetik lainnya.

Dilansir dari PC Gamer, konon flash disk ini merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan beberapa dekade.

"Melalui proses osilasi kuantum, 5GBioShield USB Key menyeimbangkan dan menyatukan kembali frekuensi yang menganggu yang timbul dari kabut listrik yang disebabkan oleh perangkat seperti laptop, telepon nirkabel, Wi-Fi, tablet, dan lain-lain," ucap BioShield.

Menurut analisis Teardown oleh Pen Test Partners, flash disk ini memiliki ukuran hanya sebesar 128 MB. Berbeda seperti klaimnya, Pen Test Partners menemukan bahwa flash disk ini sama seperti flash disk yang dijual seharga 6 dolar AS atau sekitar Rp 87.000.

Perangkat yang diklaim anti radiasi 5G. (BioShield)

 

"Menggali lebih jauh ke dalam perangkat, tampaknya tidak ada koneksi listrik atau lainnya antara perangkat dan 'stiker' dan juga tidak ada komponen tambahan selain stik USB," kara Pen Test Partners.

Menurut mereka lagi, ini tak ubahnya hanya flash disk dengan stiker 'super mahal' di belakangnya.

Tetapi di sisi lain, Tony Hall, salah satu dari sembilan anggota Komite Penasihat 5G Dewan Kota Glastonbury, mendukung perangkat tersebut.

Ia mengaku telah menggunakan flash disk tersebut dan merasa terbantu serta lebih tenang di rumah karena bisa terlindungi dari radiasi. Kamu tertarik membeli?(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ini yang Bisa Terjadi Jika Mencabut Flash Disk Tanpa Di-eject