Minggu, 05 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 26 Mei 2020 | 21:45 WIB

Hitekno.com - Dikabarkan Apple akan membekali sensor cahaya ke dalam AirPods terbaru mereka untuk fitur kesehatan. 

Sebagaimana melansir laman GSM Arena, Selasa (26/5/2020), sensor cahaya tersebut nantinya akan menjadi komponen penting agar perangkat bisa menentukan kondisi kesehatan penggunanya. Mulai dari jumlah langkah kaki, kadar oksigen dalam darah, hingga detak jantung.

Bahkan, perusahaan besutan Tim Cook itu dikabarkan sudah meminta perusahaan semikonduktor ASE Technology untuk membuat sensor cahaya tersebut.

Meski teknologi ini baru disematkan pada perangkat earbuds, namun konsep penggunaan sensor cahaya untuk mendeteksi kondisi kesehatan manusia sudah pernah digunakan pada Samsung Galaxy S9.

Pada ponsel buatan pabrikan Korea Selatan tersebut, sensor cahaya bekerja untuk mengukur intensitas cahaya guna menghitung laju detak jantung pengguna Galaxy S9.

Ilustrasi logo Apple (Shutterstock).

Sementara itu Apple berhasrat menambahkan sensor cahaya ke dalam AirPods terbarunya agar dapat memantau sleep apnea.

Sekadar informasi, sleep apnea merupakan gangguan tidur yang sangat serius karena berpotensi mengakibatkan kematian. Ini terjadi karena sistem pernapasannya terhenti ketika penderita tengah dalam kondisi tertidur.

Sebelumnya, Apple juga sudah mulai menawarkan fitur kesehatan pada perangkat wearable Apple Watch 5 dengan menggunakan fitur electrocardiogram (ECG) untuk memantau kondisi jantung penggunanya.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Netflix dengan Kualitas 4K HDR Akan Bisa Dinikmati di macOS Bigsur