Kamis, 04 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 08 Mei 2020 | 15:45 WIB

Hitekno.com - Ada kemungkinan seseorang lupa kata sandi atai password WiFi saat ada teman yang meminta izin untuk menggunakan jaringannya, namun beberapa pengguna juga takut jika sandi penggunanya tersebar dan rentas terhadap peretas. 

Situasi di mana pengguna tidak mungkin berbagi kata sandi seperti itu dapat ditangani dengan fitur di Android yang menawarkan kode QR untuk berbagi jaringan Wi-Fi.

Dilansir laman Make Tech Easier, Jumat (8/5/2020), berikut delapan langkah berbagi password Wi-Fi Android lewat kode QR:

1. Untuk menghasilkan kode QR, ponsel pengguna harus terhubung ke jaringan Wi-Fi. Nyalakan ponsel Android dan buka menu Pengaturan.

2. Gulir ke bawah daftar opsi yang berkaitan dengan fungsi ponsel dan pilih Jaringan & Internet. Klik opsi ini untuk membuka halaman fungsi baru.

3. Klik pada menu Wi-Fi. Pengguna akan melihat nama jaringan Wi-Fi yang saat ini pengguna gunakan di halaman baru.

4. Di sebelah nama jaringan Wi-Fi terdapat ikon roda gigi. Klik ikon tersebut untuk membuka Pengaturan Wi-Fi.

Ilustrasi wifi di iPhone. [Shutterstock]

5. Ketuk tombol Bagikan atau Share berwarna biru. Pada jendela baru yang muncul, masukkan kode kata sandi pengguna untuk memverifikasi bahwa pengguna dalah pemilik ponsel.

6. Kode QR akan muncul di layar. Pada ponsel Android orang yang ingin pengguna berikan kode QR, buka Pengaturan > Jaringan dan Pengaturan > buka daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia.

7. Gulir ke bawah daftar dan pilih opsi Tambahkan Jaringan, kemudian ketuk ikon kode QR biru di sebelahnya.

8. Arahkan ponsel ke kode QR milik pengguna. Secara otomatis itu akan menghubungkan jaringan Wi-Fi pengguna.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Tolak Berikan Kata Sandi iPhone, Pria Ini Tewas Ditembak