Selasa, 02 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 05 Mei 2020 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Teknologi augmented reality (AR) terus berproses dalam menciptakan sesuatu yang baru, salah satunya adalah copy dan paste kehidupan nyata ke gadget yang kita gunakan.

Bermodal ponsel yang dibekali dengan teknologi augmented reality ini dapat menyalin benda di dunia nyata secara real time dan menempelnya di file yang ada di gadget.

Terlihat lebih nyata, demo mengagumkan dari pengembang Cyril Diagne ini memanfaatkan augmented reality menjadi teknologi yang mengesankan.

Dalam demo yang diunggah di Twitter tersebut, pengembang Cyril Diagne mencontohkan bagaimana menyalin benda-benda dari dunia nyata dan menepelkannya ke dalam dokumen digital.

Pengembang mencontohkan dengan mengarahkan ponsel ke benda yang akan disalin, lalu gambar yang sudah tersalin diseret dan ditempatkan di dekstop yang berisi file.

Tak perlu lagi otak-atik photoshop untuk memotong objek agar terlihat lebih nyata jika disandingkan dengan file lain.

Dilansir dari laman The Verge, ini hanyalah sebuah prototipe penelitian, tetapi mengenai video Cyril Diagne sepertinya beberapa perusahaan tengah bekerja pada perangkat lunak yang sama. Berharap saja alat seperti ini akan segera hadir di ponsel kamu dalam waktu dekat.

Teknologi Copy dan Paste AR . (Twitter/@cyrildiagne)

 

Teknologi Copy dan Paste dunia nyata ini tentu saja salah satu fitur yang bagus untuk aplikasi AR dan memiliki banyak kegunaan praktis.

Aplikasi berbasis AR ini bisa digunakan untuk melihat pakaian, furnitur dan riasan apabila ditempelkan ke wajah atau dicoba dicocokan untuk furniture di rumah.

Sangat berguna, pasalnya alih-alih memproyeksikan gambar digital ke duia fisik, fitur dengan AR ini membawa fisik ke digital.

Dalam sebuah thread yang diunggah Cyril Diagne di Twitter, ada beberapa bagian yang bergerak di demo AR Cut & Paste-nya. Hal tersebut merupakan proses komponen memisahkan objek latar depan dari latar belakang dengan pembelajaran mesin.

Sementara proses yang lain mendeteksi di mana ponsel menunjuk ke layar komputer.

Cyril Diagne mengatakan perlu waktu sekitar 2,5 detik untuk menyalin objek dan empat detk untuk menempelkannya, tetapi itu bisa dengan mudah dipercepat. Bahkan pengembang ini memasang kodenya di GitHub untuk siapa saja yang ingin memperbaikinya sendiri.

BACA SELANJUTNYA

Startup Ini Kembangkan Lensa Kontak dengan Teknologi AR