Jum'at, 18 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 05 Mei 2020 | 07:00 WIB

Hitekno.com - Untuk mahasiswa, siswa, atau bahkan pekerja kantoran tentu sudah tidak asing dengan file PDF. Kerap ditemui, salah satu masalah saat menggunakan file dengan format ini adalah ukurannya yang sering kali besar. Biar lebih kecil, begini cara kompres PDF dengan mudah.

Biasanya file PDF memungkinkan kamu menyimpan data dalam format yang lebih rapi dan praktis. Wajar jika format ini sering kali digunakan dalam berbagai keperluan terkait data dan arsip.

Sering kali, data PDF juga dibutuhkan untuk dikirimkan via internet atau situs. Kalau sudah begini, masalah yang muncul adalah file PDF yang terlalu besar sehingga kemudian perlu dikompres untuk menjadi ukuran yang lebih kecil.

Untuk keperluan-keperluan mendesak seperti ini, solusi praktis dan mudah tentu kamu butuhkan. Kemajuan teknologi, membuat kamu kini dapat melakukan kompres PDF hanya melalui situs yang dapat diakses secara gratis.

Cara kompres PDF yang mudah dan bisa kamu lakukan dengan praktis adalah melalui situs SmallPDF di link smallpdf.com/id.

Cukup lengkap, kamu dapat mengubah file PDF menjadi format apapun di situs ini. Beberapa format yang tersedia adalah PPT, JPG, hingga Excel.

Sedangkan cara kompres PDF yang bisa kamu lakukan dari situs ini ada pada pilihan 'Mengompres PDF'. Tenang saja, kualitas file PDF kamu tetap aman walaupun size-nya berkurang kok.

Cara kompres PDF. (SmallPDF)

 

Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu memindahkan file PDF kamu ke kolom yang telah tersedia. Bisa dengan drag file atau memilih file langsung dari foldernya.

Cara kompres PDF. (SmallPDF)

 

Proses selanjutnya adalah menunggu hingga situs ini berhasil melakukan kompres PDF ke ukuran yang jauh lebih kecil, tapi tetap dengan kualitas yang tinggi.

Cara kompres PDF. (SmallPDF)

 

Jika seluruh proses telah dikerjakan, maka file PDF kamu yang berukuran lebih ringan langsung dapat kamu unduh secara gratis. Cukup mudah dan praktis, itu tadi cara kompres PDF yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk dicoba ya.

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengubah File JPG ke PDF, Mudah Tanpa Ribet