Sabtu, 06 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 30 April 2020 | 18:45 WIB

Hitekno.com - Rupanya tak hanya aplikasi yang tengah berlomba-lomba memperbarui fitur video call untuk bisa digunakan penggunanya. Pasalnya saat masa pandemi ini, banyak karyawan dan anak sekolah harus melakukan kegiatan mereka di rumah dan berkomunikasi melalui video call.

Namun, hal ini ternyata juga direspon oleh Canon, yang juga turut mendukung kualitas video pengguna dengan menggunakan kameranya sebagai webcam.

Jika kamu memiliki kamera Canon, baik itu mirrorless, DSLR, dan PowerShot kini kamu bisa menggunakannya sebagai webcam saat kamu melakukan video call.

Dilansir dari laman DPReview via The Verge, perusahaan telah merilis beta ''EOS Webcam Utility'' untuk Windows 10 yang memungkinkan pengguna dapat menghubungkan salah saty kamera Canon melalui USB dan menjadikannya sebagai webcam PC.

Kabar baiknya, webcam dengan menggunakan kamera ini berfungsi dengan baik untuk sebagian besar pilihan konferensi video, seperti Zoom, Microsoft Team, BlueJeans atau layanan video call lainnya.

Daftar kamera Canon yang bisa jadi webcam. (Canon)

 

Dalam keterangan persnya, Canon mengatakan ''Perangkat lunak ini dibangun oleh pengembang Canon, perangkat lunak versi beta ini membantu pengguna untuk meningkatkan tampilan video mereka saat menggunakan aplikasi video call yang tengah populer dengan memeberikan kejelasan dan kualitas gambar yang tinggi.''

Jika kamu memiliki salah satu dari kamera Canon yang masuk dalam kategori, mungkin kamu perlu memiliki kabel HDMI dan tripod untuk meletakan kamera.

Belum lama ini Evan Rodgers mencoba mempraktekkan hal itu dan hasilnya sangat mengejutkan dan jauh lebih baik saat dibandingkan dengan webcam bawaan.

Jadi jika kamu memiliki jenis kamera yang terdaftar, hal ini patut dicoba saat kamu melakukan video call dengan teman kerja.

Namun perangkat lunak ini yang menjadikan kamera Canon menjadi webcam belum bisa digunakan di perangkat MAC, belum ada EOS Webcam Utility yang bisa digunakan untuk perangkat Apple.

BACA SELANJUTNYA

Fujifilm Rilis Software yang Bisa Ubah Kamera Jadi Webcam