Jum'at, 18 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 30 April 2020 | 03:00 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini Realme mengenalkan perangkat wearable terbaru miliknya, Realme Band. Jika dilihat dari segi harganya, perangkat ini bersaing dengan Xiaomi Mi Band 4 yang dirilis pada akhir 2019. 

Lalu, smartband mana yang lebih layak untuk dimiliki? Agar bisa menentukan jawabannya, simak dulu perbandingan spesifikasi Realme Band vs Mi Band 4 berikut ini.

Desain dan Layar

Realme Band hadir dengan layar berukuran 0,96 inci yang mampu menampilkan lebih dari 65.000 warna. Varian warna yang tersedia untuk pasar Indonesia adalah hijau dan hitam. Tidak dijelaskan layar jenis apa yang digunakan.

Xiaomi Mi Band 4. [Shutterstock]

Mi Band 4, di sisi lain, menggunakan layar AMOLED full colour, dengan ciri khas berbentuk persegi panjang seluas layar 0,95 inci serta beresolusi 120 x 240 RGB.

Layar AMOLED ini memiliki kecerahan hingga 400 nits serta terdapat screen protector 2.5D tempered glass with anti-fingerprint coating, sehingga bekas sidik jari tidak mudah menempel pada layar.

Fitur

Realme Band dibekali sensor detak jantung optik PPG dengan presisi tinggi yang terpasang pada Realme Band diklaim mampu mengukur denyut jantung real-time setiap 5 menit secara otomatis dan akurat.

Realme Band akan diluncurkan di Indonesia pada 28 April 2020. [Dok Realme India]

Realme Band juga mengintegrasikan port USB Direct Charge ke smartband. Ringkasnya, pengguna tidak perlu lagi mencari kabel pengisian daya. Selain itu ia menggunakan teknologi Bluetooth 4.2.

Realme Band dapat menerima hampir semua pemberitahuan aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai (Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger, SMS) dan ditampilkan langsung di layar perangkat.

Selain itu, Realme Band mendukung 9 mode olahraga. Jangan lupa, smartband ini juga dilengkapi fitur pendeteksi kualitas tidur.

Mi Band 4 dari Xiaomi sudah menggunakan Bluetooth 5.0 BLE, yang berada di atas Realme Band. Jika versi 4.2 hanya dapat menjangkau sejauh 10 meter, jangkauan versi 5.0 lebih luas seperti WiFi. Selain itu kecepatan transfer data yang ditawarkan 4x lebih cepat.

Selain itu Mi Band 4 disokong RAM 512 KB dan ROM 16 MB. Salah satu nilai jual gelang cerdas ini yaitu karena kegunaannya yang sangat bermanfaat untuk berolahraga.

Tidak hanya olahraga, Mi Band 4 juga mengusung fitur pemantau kesehatan seperti pembaca detak jantung 24 jam dan pemantau kualitas tidur pengguna.

Daya Tahan

Soal daya tahan, baterai Realme Band berkapasitas 90mAh (BIS) yang hanya memerlukan sekali pengisian daya saja dalam waktu seminggu. Selain itu, Realme Band sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang berarti terlindungi dari kotoran, debu, pasir, dan air.

Diluncurkan di Indonesia Selasa (28/4/2020), harga Realme Band dibuka di angka Rp 300.000. [Dok Realme Indonesia]

Di kubu seberang, Mi Band 4 ditenagai baterai berkapasitas 135 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 20 hari dalam keadaan standby dalam sekali pengisian yang tidak mencapai 2 jam.

Mengingat gelang ini dapat digunakan ketika berenang, Mi Band 4 mengantongi sertifikasi IP68 yang memiliki water resistance rating hingga kedalaman 5 ATM.

Harga

Untuk pasar Indonesia harga Realme Band dibanderol Rp 399.000, sementara Mi Band 4 dijual seharga Rp 449.000.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Kuasai Pasar Wearable Band, Bukan Cuma Asia Tapi Global