Selasa, 02 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 26 April 2020 | 09:45 WIB

Hitekno.com - Aplikasi pesan Apple harusnya merupakan aplikasi sederhana yang dirancang untuk mengirim dan penerima pesan pengguna iPhone. Namun, selama bertahun-tahun ternyata ditemukan banyak bug pada aplikasi pesan tersebut.

Bug yang ditemukan di aplikasi pesan iPhone tersebut yang akan menyebabkan aplikasi atau perangkat mogok ketika pesan yang berisi serangkaian karakter aneh diterima pengguna.

Beberapa dari kamu mungkin ini adalah masalah Apple yang sudah diperbaiki berulang kali, namun pada 2020 ini masalah bug ini kembali muncul.

Dilansir dari laman Ubergizmo, dalam salah satu unggahan Reddit, tampaknya mengirimkan sernagkaian karakter yang berisi emohi bendera Italia dan karakter dalam bahasa Sindhi dapat menyebabkan bug.

Hal ini lantas membuat iPhone atau iPad penerima pesan tersebut macet atau nge-lag.

Bahkan lebih buruknya lagi, bug ini tidak hanya berpengaruh ke aplikasi pesan pengguna iPhone saja, namun juga pada aplikasi lain yang dapat menerima pesan.

Ilustrasi iPhone 8. (Pixabay/bycoo32)

 

Aplikasi yang dapat menerima bug ini di iPhone ataupun iPad adalah aplikasi Mail yang saat ini juga dikabarkan tengah bermasalah dengan keamanannya.

Tak hanya itu, namun bug ini juga menyebabkan masalah di aplikasi penerima pesan lainnya.

Untuk saat ini tak ada cara untuk mencegah karakter ini menyebabkan perangkat iOS bermasalah.

Tetapi untuk mengatasi masalah ini, dalam beberapa kasus perangka iPhone atau iPad yang macet karena bug ini harus dipulihkan dengan mode DFU untuk memperbaikinya.

Menurut MacRumors, kabar baiknya adalah mereka menerima bocoran yang mengklaim bahwa beta kedua dari pembaruan iOS 13.4.4 yang akan datang sepertinya akan memperbaiki bug tersebut.

Namun hingga kini pembaruan iOS untuk memperbaiki bug di aplikasi perpesanan belum juga terdengar kabar kapan akan dirilis, kita tunggu saja ya.

BACA SELANJUTNYA

Apple Berencana Pindahkan Produksi iPhone ke India, Kenapa?