Senin, 01 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 20 April 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini Apple merilis fitur baru untuk baterai laptop MacBook yang diberi nama ''Manajemen kesehatan baterai'' yang akan merubah cara laptop mengisi sendiri. 

Pembaruan ini memungkinkan baterai laptop tidak terisi sepanjang waktu, sehingga dapat melindungi masa pakainya itu sendiri.

Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah saat pengisian baterai laptop yang terlalu lama dan menimbukan masalah karena bahan kimia di dalamnya. Membiarkan komputer terisi daya dengan cara ini dapat mengurangi kapasitasnya, sehingga masa pakai baterai menurun seiring waktu.

Sebagai gantinya, jika komputer percaya bahwa kemungkinan besar baterai tidak akan membutuhkan 100 persen di masa mendatang, itu hanya akan mengisi beberapa cara. Komputer akan menunjukkan bahwa baterai sudah penuh, tetapi mungkin sebenarnya tidak.

"Fitur ini dapat dimatikan dan mungkin tidak diaktifkan dalam semua situasi. Ini juga akan memastikan bahwa masa pakai baterai tidak terpengaruh secara signifikan," kata Apple dilansir laman Independent, Senin (20/4/2020).

Fitur serupa sudah ada di iPhone Apple, dan diperkenalkan dalam pembaruan terbaru. Ini berarti bahwa telepon akan belajar ketika dinyalakan pada malam hari dan ketika Anda terbangun, misalnya, meninggalkan sedikit muatan terakhir hingga ia mengharapkan Anda untuk bangun dan mulai menggunakan telepon Anda.

Ilustrasi baterai laptop. [Pixabay/Mohamed Hassan]

Pembaruan Mac sebagian besar akan bekerja dengan cara yang sama, menggunakan riwayat pengisian dan penggunaan baterai untuk melihat saat-saat ketika Anda cenderung tidak membutuhkan masa pakai baterai penuh.

Jika komputer cenderung digunakan dicolokkan sepanjang hari, misalnya, ia mungkin tidak mengisi daya baterai hingga penuh.

Fitur akan datang ke MacBook apa pun yang Thunderbolt 3. Itu mencakup setiap MacBook Pro sejak 2016 dan MacBook Air yang telah dirilis sejak 2018.

BACA SELANJUTNYA

Kejutan di Akhir Tahun, iPhone 12 Diprediksi Rilis November 2020