Rabu, 25 November 2020

Lebih Produktif, Ini Tips Bekerja dari Rumah dengan WhatsApp

Ada panduan membuat bekerja dari rumah lebih nyaman dengan WhatsApp.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Hitekno.com - Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan dan mengalami peningkatan sejak himbauan untuk physical distancing. Menurut perusahaan riset pasar Kantar, dalam survey Covid-19 Barometer, secara global menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40 persen di antara pengguna usia 18-34 tahun.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang penting digunakan saat Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah ini. Namun, buat Anda yang belum terbiasa menggunakan WhatsApp untuk bekerja, bisa mengikuti panduan berikut agar alur WFH lebih mudah dan nyaman:

1. Tandai pesan dengan fitur bintang (star)

Sebagian besar koordinasi soal pekerjaan terjadi di WhatsApp dan tidak menutup kemungkinan pengguna bergabung dalam grup-grup baru. Itu membuat notifikasi di WhatsApp semakin banyak dan bisa menutupi pesan-pesan yang lebih penting.

Pengguna bisa menandai pesan-pesan penting di grup maupun obrolan pribadi dengan fitur bintang. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menemukan kembali pesan penting lebih mudah.

Untuk menandainya, ketuk dan tahan pesan yang ingin diberi bintang > ketuk ikon Bintang yang muncul di bagian atas aplikasi. Sementara untuk menemukan pesan-pesan berbintang tersebut, ketuk opsi lainnya yang berbentuk tiga titik di kanan layar smartphone > ketuk Pesan Berbintang.

2. Sesuaikan notifikasi

Pengguna dapat menyesuaikan notifikasi WhatsApp sehingga bisa fokus saat melakukan konferensi atau video call penting. Fitur ini membuat pengguna dapat mengetahui notifikasi mana yang berasal dari atasan, kolega, atau grup WhatsApp kantor.

Untuk mengustomisasi notifikasi, buka chat yang ingin disesuaikan > ketuk nama chat individual atau grup tersebut > ketuk Notifikasi Khusus > pilih Gunakan Notifikasi Khusus.

Namun, jika pengguna membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar saat bekerja, pengguna juga dapat membisukan notifikasi dengan membuat chat individual atau grup > ketuk nama chat atau grup tersebut > ketuk Bisukan Notifikasi. Pilih jangka waktu yang diinginkan untuk membisukan notifikasi > ketuk OK.

Tampilan mute dan pinned WhatsApp. [WhatsApp]
Tampilan mute dan pinned WhatsApp. [WhatsApp]

3. Sematkan Chat

Pengguna mungkin tergabung dalam beberapa grup baru selama bekerja dari rumah dan membuat perhatian terbagi. Dalam kasus ini, pengguna harus menentukan prioritas grup atau chat individu yang lebih penting.

Dengan fitur sematkan chat, pengguna dapat menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat sehingga tidak perlu lagi kesulitan mencari-cari grup penting di antara tumpukan chat lainnya.

Bagi pengguna iPhone, untuk menyematkan chat pengguna dapat menggesek ke kanan chat yang ingin disematkan > ketuk Sematkan. Bagi pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin disematkan > ketuk Sematkan Chat.

Selamat mencoba, semoga alur WFH Anda semakin nyaman dan produktif!(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini