Minggu, 31 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 08 April 2020 | 12:15 WIB

Hitekno.com - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan. Kabar baik bagi pengguna WhatsApp yang sudah menantikan kemampuan WhatsApp yang bisa digunakan pada berbagai perangkat kini segera dirilis.

Fitur ini sangat diinginkan pengguna WhatsApp, pasalnya saat ini satu akun WhatsApp hanya bisa digunakan di satu perangkat saja.

Kabar gembira mengenai fitur ini pertama kali ditemukan di WhatsApp versi beta. Apabila fitur ini berhail dirilis, pengguna WhatsApp tak perlu mematikan akunya terlebih dahulu untuk bisa masuk di perangkat yang berbeda.

Pasalnya, perangkat yang berbeda di WhatsApp hanya bisa digunakan di WhatsApp web saja, ponsel dan web juga harus terkoneksi dengan internet.

Saat fitur ini dirilis nantinya akan memudahkan pengguna menggunakan WhatsApp di lebih dari satu perangkat.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

 

Dilansir dari laman WABetaInfo, menurutnya memang tak mudah bagi aplikasi pesan instan, WhatsApp untuk menghadirkan fitur tersebut.

Hal ini dikarenakan eksripsi end-to-end di semua perangkatnya, jadi saat merilis fungsi menambah atau menghapus pada perangkat itu artinya akan ada enkripsi baru untuk WhatsApp ke depannya.

Tak hanya itu, beberapa alasan rumitnya fitur ini yang akan semua kontak menerima pemberitahuan terkait perubahan kunci enkripsi dalam percakapan pengguna.

Selain itu, masalah rumit lainnya adalah dukungan lintas platform yang mengandalkan Google Drive dan iCloud sebagai media backup.

Namun kembali lagi, fitur ini hanya sebatas fitur eksperiman WhatsApp versi beta, sehingga tak bisa dipastikan mengenai kapan fitur ini akan dihadirkan.

Sebelumnya, menurut laporan WABetaInfo, fitur WhatsApp ini masih dalam proses dan masih dalam proses uji coba.