Senin, 30 November 2020

Bantu Lawan Penyebaran COVID-19, Begini Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi sudah tersedia untuk pengguna Android, bisa download di Google Play Store.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Aplikasi PeduliLindungi. (PlayStore)
Aplikasi PeduliLindungi. (PlayStore)

Hitekno.com - Akhirnya pemerintah melalui Kominfo menghadirkan aplikasi dalam melawan penyebaran virus corona COVID-19. Yakni aplikasi PeduliLindungi yang sudah tersedia untuk Android.

Bagi pengguna perangkat berbasis Android, bisa mendapatkan aplikasi PeduliLindungi dari Kominfo ini melalui Google Play Store.

Jika pekan lalu masih dalam tahap beta dan harus mengunduhnya di laman resmi PeduliLindungi.id, kini masyarakat Indonesia sudah bisa menginstallnya lewat Google Play Store.

Di toko aplikasi Google tersebut, diketahui bahwa PeduliLindungi merupakan aplikasi buatan PT Telekomunikasi Indonesia alias Telkom.

Dengan begitu, terjawab sudah bahwa aplikasi ini merupakan buatan anak bangsa, sekaligus menepis anggapan bahwa aplikasi tracking COVID-19 ini berasal dari Singapura.

Setelah selesai mengunduhnya, tinggal buka aplikasi dan Anda akan dibawa langsung ke menu pendaftaran diri. Cukup dengan memasukan nama lengkap dan nomor ponsel Anda, lalu tunggu hingga kode OTP dikirimkan.

Namun entah karena alasan apa, kode OTP tak kunjung terkirim. Ketika Suara.com beberapa kali mencoba mendaftarkan diri menjajal aplikasi ini, kode OTP tidak bisa diterima. Kuat dugaan, server aplikasi PeduliLindugi mengalami lonjakan trafik pengguna yang mengakibatkan server sibuk.

Aplikasi PeduliLindungi. [Screenshot/Tivan Rahmat]
Aplikasi PeduliLindungi. [Screenshot/Tivan Rahmat]

Meski begitu, dalam laman resminya, aplikasi PeduliLindungi dikembangkan untuk menghentikan penyebaran virus corona COVID-19.

Aplikasi ini diklaim sanggup melindungi diri, keluarga, dan orang terdekat lainnya, serta menghentikan penyebaran virus corona dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian, agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Untuk cara kerjanya, aplikasi PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Aplikasi PeduliLindungi. [Screenshot/Tivan Rahmat]
Aplikasi PeduliLindungi. [Screenshot/Tivan Rahmat]

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Di sisi lain, aplikasi PeduliLindungi juga memperhatikan kerahasiaan pribadi penggunanya. Data disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data hanya akan diakses bila pengguna dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Itulah cara kerja aplikasi PeduliLindungi dari Kominfo yang membantu pelacakan dan menekan penularan virus corona COVID-19. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini