Kamis, 04 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 27 Maret 2020 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Menjadi pandemi global yang mengancam populasi manusia di muka Bumi, berbagai negara berlomba-lomba melakukan banyak hal untuk mencegah penularan virus corona. Pemerintah China dilaporkan telah mempersiapkan teknologi super canggih untuk penanganan ini.

Mengandalkan teknologi kekinian, pemerintah China diketahui menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi Alibaba dan Ant Financial untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan secara global.

Aplikasi yang rilis di Kota Hangzhou ini bernama Alipay Health Code dan telah digunakan di lebih dari 200 kota di seantero wilayah China.

Mengutip NY Times, Alipay Health Code merupakan kode atau tiket bagi warga China yang akan melakukan aktivitas di luar rumah.

Jika tiket dari aplikasi Alipay Health Code tidak diberikan, maka warga tidak diperbolehkan untuk keluar dari rumahnya.

Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention)

 

Nantinya, pengguna aplikasi ini akan mendapat QR Code berwarna yang tiap warnanya menunjukan tingkat resiko infeksi virus corona yang berbeda-beda.

QR Code berwarna hijau menunjukan bahwa warga China dapat melakukan aktivitas keluar rumah. Namun, jika mendapat QR Code berwarna kuning, warga China tersebut perlu mengisolasi diri selama satu minggu di rumah.

Selain itu, untuk QR Code berwarna merah, orang tersebut sangat beresiko dan memiliki gejala terinfeksi virus corona sehingga wajib melakukan karantina atau isolasi diri selama dua minggu lamanya.

Ilustrasi virus corona. (Wikipedia/ Dr. Fred Murphy)

 

Sebelum mendapatkan QR Code tersebut, pengguna aplikasi Alipay Health Code perlu mengisi data secara detail termasuk kondisi kesehatan, riwayat perjalanan hingga kontak dengan pasien pengidap virus corona.

Data tersebut nanti diproses dengan menggunakan big data untuk menentukan warna QR Code yang didapatkan pengguna tersebut. Selain berdasarkan data yang diberikan pengguna, QR Code tersebut juga menyesuaikan dengan data dari pemerintah.

Walau menimbulkan banyak pertanyaan dan perdebatan, aplikasi Alipay Health Code ini telah mulai digunakan dan diharapkan dapat membantu mengurangi penyebaran virus corona di China.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona?