Selasa, 31 Maret 2020

Deretan Fitur-fitur Terbaru iOS 13.4 yang Hadir di iPhone dan iPad - Bagian 1

Ada beberapa fitur baru yang datang dengan pembaruan dan beberapa penyesuaian kecil di iOS 13.4.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Arnel Hasanovic)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Arnel Hasanovic)

Hitekno.com - Pembaruan gratis berikutnya sudah tersedia di Apple buat kamu pemilik iPhone dan iPad. Bersamaan dengan ini, sejumlah fitur terbaru pun sudah hadir. 

Pembaruan iOS 13.4 telah melalui tidak kurang dari enam rilis beta, yang berarti update tersebutu harus stabil dan bebas dari bug. Jika Anda pengguna iOS, maka akan diminta menginstal pembaruan segera atau membiarkannya untuk menginstal secara otomatis.

Ada beberapa fitur baru yang datang dengan pembaruan dan beberapa penyesuaian kecil. Seperti biasa, semua pengaturan keamanan dan kegunaan yang penting juga telah diperbarui di latar belakang, membuat perangkat Anda lebih aman terhadap aplikasi jahat dan malware.

Berikut adalah fitur baru terbesar di iOS 13.4 dan iPadOS 13.4, sebagaimana dilansir Metro.co.uk, Jumat (27/3/2020) :

Dukungan kursor

Sampai sekarang, jika ingin menggunakan kursor pada iPad, Anda harus menemukan opsi yang terkubur dalam pengaturan aksesibilitas. Apple tidak hanya menampar protokol kursor lama apa pun pada sistem operasi, Apple menciptakan protokol baru yang berfungsi menambah pendekatan touch-first iPadOS.

Kursor itu sendiri adalah lingkaran kecil dan transparan yang beradaptasi untuk menyorot aplikasi dan opsi saat Anda meluncurinya. Mencoba meniru apa yang dilakukan jari Anda saat menyentuh kaca.

Anda dapat menambahkan penyesuaian lanjutan sendiri untuk menyesuaikan dukungan kursor sesuai keinginan dan bekerja dengan berbagai mouse Bluetooth dan trackpads. Produktivitas pada iPad sekarang jauh lebih mudah.

Berbagi Folder iCloud

Ilustrasi iCloud. [Shutterstock]
Ilustrasi iCloud. [Shutterstock]

Apple telah berbicara tentang opsi ini untuk sementara waktu yang seharusnya mendarat pada rilis iOS 13 asli. Tetapi sekarang memiliki kemampuan untuk membagikan seluruh folder di dalam iCloud Drive baik melalui tautan atau secara individual. Sama seperti berbagi dokumen di rangkaian aplikasi Google, Anda dapat memutuskan apakah penerima dapat melihat file atau mengeditnya juga.

Pembelian aplikasi universal

Jika Anda memiliki iPhone, MacBook, iPad dan Apple TV maka memiliki cukup banyak toko aplikasi yang berbeda untuk dinavigasi dan digunakan. Jika Anda membeli satu aplikasi di satu perangkat maka Anda tidak dapat menggunakannya di aplikasi lain.

Namun, dengan iOS 13.4 / iPadOS 13.4 Apple memungkinkan pengembang menawarkan bundel ‘Pembelian Universal’, yang membuka kunci aplikasi yang sama di semua perangkat Apple Anda.

Terkait

Terkini