Kamis, 13 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 23 Maret 2020 | 17:12 WIB

Hitekno.com - Personal asisten, Siri telah diperbarui Apple untuk melakukan skrining cepat untuk melihat apakah kamu perlu menghubungi dokter dalam menangapi wabah virus corona COVID-19 ini. 

Tampaknya, pembaruan telah disebarluaskan karena pengguna iPhone mulai memperhatikan fitur baru ini sejak Sabtu (21/3/2020).

Untuk memulai, Anda cukup mengatakan, "Hai Siri, apakah saya punya virus corona?"

Meskipun ini bukan pertanyaan yang menyenangkan untuk ditanyakan, itu memberi tahu Siri bahwa Anda ingin dia skrining Anda.

Jika Anda memberi tahu Siri bahwa Anda ingin diperiksa olehnya, dia kemudian akan bertanya apakah Anda menderita batuk kering, demam, atau sesak napas.

Anda dapat menjawab "Ya," "Tidak," atau "Tidak Yakin." Jika Anda menjawab "Tidak," Anda akan ditanya apakah Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif menderita penyakit tersebut.

Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Sekali lagi, tiga opsi itu adalah "Ya," "Tidak," atau "Tidak Yakin." Bergantung pada respons Anda, Anda mungkin diberitahu bahwa Anda berisiko lebih rendah untuk terinfeksi tetapi perlu tetap waspada terhadap gejala-gejala seperti demam, batuk kering, atau sesak napas.

Sebagaimana dilansri laman Phonearena, Senin (23/3/2020), Siri juga akan mengingatkan Anda untuk mencuci tangan selama 20 detik (menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuk diri sendiri dua kali), dan menghindari kontak dekat dengan orang-orang di luar rumah tangga Anda.

Siri juga ingin Anda tahu bahwa Anda mungkin tidak merasa sakit, tetapi masih bisa membawa COVID-19, dan menyebarkannya kepada orang lain.

Jika jawaban Anda memberi Siri alasan untuk merasa khawatir, dia akan bertanya apakah gejala Anda ekstrem atau mengancam jiwa. Jika Anda menjawab positif, Siri akan siap untuk memanggil layanan darurat (911) untuk Anda. Jika Anda menjawab dengan respons negatif, Siri akan memberi tahu Anda untuk tetap di rumah, hindari kontak dengan orang lain, dan hubungi dokter jika gejalanya semakin parah.

Pada akhir pemutaran, Siri menawarkan tautan ke situs web Pusat Pengendalian Penyakit (CDC.gov).

Apple Siri. [Shutterstock]

Sebelumnya, ada fitur Google Maps baru yang menunjukkan pengingat setiap kali Anda mencari dokter atau rumah sakit menggunakan aplikasi. Sebuah kotak muncul di dekat bagian bawah layar yang mengingatkan Anda untuk memanggil dokter Anda, sebelum mengemudi ke rumah sakit jika berpikir kemungkinan terpapar COVID-19.

Dan jika Anda pergi ke Pencarian Google dan mengetuk coronavirus, tab khusus muncul yang akan membuat Anda mendapatkan informasi terbaru tentang berita, informasi, dan lainnya dari organisasi terkemuka.

Sayang, kemampuan skrining Siri ini hanya tersedia di AS dan tidak diketahui apakah Apple memiliki rencana memperluasnya ke luar negeri. Menurut Apple, jawaban yang diberikan Siri untuk pemutaran berasal dari Layanan Kesehatan Masyarakat AS (sebuah divisi dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan), serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.(Suara.com/Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Beli HP Xiaomi tapi Tampilan iPhone, Netizen Ini Kebingungan