Selasa, 31 Maret 2020

Apple Ungkap iPad Pro Baru, Dilengkapi LiDAR Scanner dan Layar 120 Hz

Tanpa gelaran megah, Apple resmi ungkap iPad Pro baru.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
iPad Pro baru. (Apple)
iPad Pro baru. (Apple)

Hitekno.com - Apple resmi mengungkap iPad Pro baru mereka yang dilengkapi banyak fitur menarik. Baik luar dan dalam, banyak hal baru yang dihadirkan ke seri iPad ini.

Bukan lewat gelaran acara megah, Apple mengungkap iPad Pro baru ini lewat press release di situs resminya hari ini (18/3/2020).

Dari dapur pacu, iPad Pro baru ini telah memakai chip A12Z Bionic. Chip ini diklaim lebih bertenaga dibandingkan laptop PC Windows.

Dengan A12Z Bionic, iPad Pro baru ini diklaim bisa melakukan editing video 4K. Juga bisa mengerjakan pekerjaan desain 3D.

Selain itu, Apple mengklaim kalau produk barunya ini juga lebih hemat baterai. Saking iritnya, diklaim bisa untuk bekerja sampai 10 jam.

iPad Pro baru. (Apple)
iPad Pro baru. (Apple)

 

Apple juga menyematkan WiFi dengan kecepatan tinggi, juga disertai modem LTE yang 60 persen lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dari sisi layar, tersedia ukuran 11 inci dan 12,9 inci. Keduanya memakai Liquid Retina Display yang memiliki refresh rate 120 Hz.

Layar iPad Pro baru ini juga mendukung P3 wide color. Juga disematkan Pro Motion yang bisa menyesuaikan refresh rate layar secara otomatis.

Soal kamera, Apple menyematkan dua kamera di belakang. Yakni 12 MP yang mampu merekam video 4K dan 10 MP dengan lensa ultrawide.

Kamera belakang iPad Pro baru. (Apple)
Kamera belakang iPad Pro baru. (Apple)

 

Teknologi yang disematkan ke iPad Pro baru ini adalah LiDAR Scanner. Yakni sensor di dekat dua kamera belakangnya tersebut.

Dengan LiDAR Scanner, memungkinkan untuk mengukur jarak sekitar sebuah benda. Bahkan bisa mengukur sampai lima meter dari benda tersebut.

LiDAR Scanner ini berfungsi baik di dalam maupun luar ruangan. Dan sangat berguna bagi aplikasi augmented reality (AR).

Contoh pemakaian LiDAR Scanner pada iPad Pro baru. (Apple)
Contoh pemakaian LiDAR Scanner pada iPad Pro baru. (Apple)

 

Apple juga telah menyematkan sistem operasi iPadOS 13.4 ke iPad Pro baru yang kini telah mendukung pemakaian trackpad.

Selain itu, Apple juga mengenalkan Magic Keyboard sebagai aksesori untuk iPad Pro baru. Magic Keyboard ini dapat dihubungkan ke iPad Pro baru lewat USB-C.

Menariknya, koneksi Magic Keyboard ke iPad Pro baru mendukung USB-C pass-through. Sehingga tetap bisa mengisi daya ketika port USB-C disambungkan ke Magic Keyboard.

iPad Pro baru dengan Magic Keyboard. (Apple)
iPad Pro baru dengan Magic Keyboard. (Apple)

 

Kini iPad Pro baru ini telah tersedia di situs resmi Apple dan bisa dipesan dari beberapa negara, termasuk Amerika Serikat.

Tersdia dua pilihan warna, yakni Space Grey dan Silver. Baik versi 11 inci maupun 12,9 inci, tersedia pilihan storage dan pilihan koneksi WiFi juga WiFi+seluler.

Lalu berapa harga iPad Pro baru ini? Untuk di Amerika Serika sendiri dimulai dari harga 799 dolar AS atau setara dengan Rp 12,3 jutaan.

Beda ukuran iPad Pro baru 12,9 inci dan 11 inci (Apple)
Beda ukuran iPad Pro baru 12,9 inci dan 11 inci (Apple)

 

Lebih lengkapnya, berikut ini daftar harga iPad Pro baru di situs resmi Apple.

Itulah iPad Pro baru yang telah resmi di kenalkan Apple hari ini. Sayangnya belum diketahui kapan perangkat ini resmi masuk di Indonesia.

Terkait

Terkini