Kamis, 09 April 2020

Agar Terhindar dari Virus Corona, Ini Tips Membersihkan Smartphone

Sebelum memulai, pastikan kondisi tangan kamu bersih dengan mencuci tangan dengan air mengalir ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)

Hitekno.com - Usai menjadi pandemi global, virus corona membuat siapa saja ketakutan dan begitu menjaga kebersihan. Sebagai pengguna smartphone, berikut tips membersihkan smartphone secara mudah dan praktis.

Sejauh ini, agar terhindar dari virus corona, beberapa orang memilih untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, beberapa juga memilih mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer.

WHO menyebutkan bahwa mencuci tangan adalah salah satu hal sederhana yang membantumu terhindar dari virus corona yang saat ini begitu mewabah.

Sebagai salah satu benda yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, tidak hanya tangan yang perlu dijaga kebersihannya, smartphone juga penting untuk mendapatkan perhatian lebih.

Dapat menyimpan cukup banyak kuman, melansir dari BBC, dengan cara simple berikut ini, smartphone kamu dapat tetap terjaga kebersihannya dan tentunya membuatmu terhindar dari virus corona.

Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)

 

Sebelum memulai mengikuti tiap step-by-step membersihkan smarpthone di bawah ini, pastikan kondisi tangan kamu bersih dengan mencuci tangan dengan air mengalir ya.

Menurut microbiologist, Dr Lena Ciric dari University College London, beberapa bahan yang perlu kamu siapkan adalah sabun pencuci tangan dan kain microfibre.

Step pertama, pastikan smartphone kamu tidak terhubung dengan aliran listrik dan smartphone dalam keadaan mati. Jika smartphone kamu menggunakan case, lepas case tersebut dan bersihkan secara terpisah.

Basahkan kain microfibre dengan air dan sedikit sabun cuci tangan, kemudian usap ke smartphone yang kamu gunakan. Inget, pastikan kain dalam keadaan tidak terlalu basah karena dikhawatirkan dapat merusak smartphone.

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dng Trn Vit)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dng Trn Vit)

 

Kemudian, keringkan bodi smartphone dengan kain microfibre agar dapat kembali digunakan seperti biasa. Untuk bagian-bagian kecil di smartphone, kamu bisa menggunakan cotton bud dengan bahan yang sama untuk membersihkan bagian-bagian tersebut.

Sebagai catatan, selain sabun pencuci tangan, jangan gunakan bahan-bahan lain yang mengandung chemical ya karena akan berdampak buruk pada smartphone yang kamu gunakan.

Menurut Dr Lena Ciric, membersihkan smartphone dengan metode di atas dapat mengurangi bakteri dan kuman bahkan virus di smarpthone yang kamu gunakan.

Terkait

Terkini