Selasa, 24 November 2020

Gini Caranya Gunakan WhatsApp Dua Nomor atau Perangkat

Dengan cara khusus, pengguna dapat menggunakan WhatsApp di beberapa perangkat atau dengan dua nomor.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)

Hitekno.com - Biasanya pengguna menggunakan WhatsApp pada satu perangkat. Tetapi, dengan cara khusus, pengguna dapat menggunakannya di beberapa perangkat atau dengan dua nomor

Dilansir laman Android Pit, berikut cara menggunakan WhatsApp dengan dua nomor atau dua perangkat:

1. Aturan dalam menggunakan WhatsApp di dua perangkat

WhatsApp memberikan aturan resmi tentang masalah apakah pengguna dapat memverifikasi akun WhatsApp di beberapa smartphone atau dengan beberapa nomor.

WhatsApp menyebutkan bahwa akun WhatsApp pengguna hanya dapat diverifikasi dengan satu nomor di satu perangkat. Jika pengguna memiliki ponsel dual SIM, harap perhatikan bahwa pengguna masih harus memilih satu nomor untuk diverifikasi dengan WhatsApp. Tidak ada opsi untuk memiliki akun WhatsApp dengan dua nomor telepon.

Secara resmi, pengguna tidak dapat menggunakan WhatsApp dengan hanya satu nomor di dua perangkat yang berbeda. Meskipun di perangkat kedua pengguna dapat mengaktifkan WhatsApp dengan nomor telepon kedua, tetapi pengguna tidak akan dapat mengakses riwayat obrolan yang sama. Sebagai solusinya, pengguna disarankan menggunakan WhatsApp Web pada perangkat kedua.

2. Menggunakan dua akun WhatsApp pada satu ponsel

Dengan trik sederhana, pengguna dapat menggunakan WhatsApp pada perangkat dengan dua nomor sekaligus. Tidak masalah jika nomor kedua berasal dari kartu SIM di smartphone dual SIM pengguna, nomor telepon rumah, atau nomor ponsel di ponsel lain.

Ilustrasi WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi WhatsApp. [Shutterstock]

Opsi pertama yang dapat digunakan adalah aplikasi kembar. Beberapa produsen perangkat mengizinkan dua instance WhatsApp dipasang secara paralel.

Untuk smartphone Huawei atau Honor, pengguna akan menemukan entri App-Twin dalam pengaturan aplikasi. Sementara Samsung menyebut opsi ini sebagai Dual Messenger.

Opsi kedua adalah menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini memang hanya ditujukan untuk pelanggan bisnis, tetapi pengguna dapat menggunakannua secara paralel dengan WhatsApp pengguna pada perangkat yang sama. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memiliki WhatsApp dua kali dengan nomor yang berbeda di perangkat yang sama.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini