Selasa, 22 September 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 10 Maret 2020 | 07:56 WIB

Hitekno.com - Ditemukan celah keamanan baru di prosesor AMD yang memungkinkan menjadi pintu masuk bagi Malware berbahaya. Bukan cuma satu, tapi dua celah ditemukan pada prosesor ini.

Celah keamanan ini ditemukan pada prosesor AMD yang diproduksi pada periode 2011 hingga 2019 kemarin.

Sebagaimana dilansir laman Zdnet, Selasa (10/3/2020), celah ini berdampak pada keamanan data yang diproses pada CPU, yang mengakibatkan data tersebut bisa dicuri atau bisa juga diotak-atik untuk menurunkan perlindungan keamanan yang ada.

Mulanya, celah keamanan ini dipublikasikan oleh peneliti dari Graz University of Technology, yang mengaku sudah memberitahukan celah ini kepada pihak AMD pada Agustus 2019.

Peneliti tersebut kemudian menyebut bahwa dua celah ini disebut dengan nama 'Collide+Probe' dan 'Load+Reload', yang merupakan turunan dari celah 'Take A Way', celah Spectre yang ada pada prosesor buatan Intel.

Ilustrasi prosesor AMD. (Pixabay)

 

Parahnya, kedua celah ini ditemukan pada semua prosesor AMD yang diproduksi antara 2011 sampai 2019, termasuk yang menggunakan mikroarsitektur Zen.

"Kami melakukan reverse engineering cache L1D AMD prediktor di mikroarsitektur dari 2011 sampai 2019, yang membuat ditemukannya dua teknik serangan baru," tulis para peneliti dalam laporan hasil penelitiannya itu.

Dalam dunia keamanan siber, celah semacam ini sering disebut sebagai serangan side-channel, yang bisa dilakukan dengan mengeksploitasi celah di JavaScript melalaui perantara browser, seperti Chrome dan Firefox.

Tak hanya sekadar melaporkan, para peneliti juga menyarankan solusi untuk AMD agar bisa menambal celah ini, yaitu dengan melakukan perbaikan di sisi hardware dan software.

Hanya saja, cara ini punya efek samping yang bisa saja berdampak pada penurunan performa CPU.

Itulah temuan dua celah kemanan baru pada prosesor AMD yang memungkinkan malware berbahaya untuk menyusup. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

AMD A520, Chipset Baru untuk Motherboard Entry Level