Sabtu, 26 September 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Maret 2020 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Corellium, sebuah perusahaan keamanan siber Amerika Serikat (AS) membuat berang Apple karena bisa jalankan Android di iPhone.

Perusahaan ini mengklaim telah bisa menciptakan teknologi yang mengubah iPhone jadi smartphone Android dengan mudah.

Perusahaan itu mengembangkan sebuah tool dalam Project Sandcastle, mendobrak praktik Apple yang menggunakan teknologi-teknologi sandboxing untuk mengekang kreatif pengguna iPhone.

Sandboxing, dalam keamanan siber, adalah mekanisme untuk melindungi sebuah gawai dari peranti lunak asing. Pada kasus iPhone, gawai itu hanya bisa diotaki oleh sistem operasi iOS dari Apple.

Kebijakan Apple itu banyak ditentang oleh para penggemar modifikasi. Alasannya karena setelah dibeli, seharusnya pemilik boleh mengutak-atik iPhone semaunya, termasuk mengganti peranti lunaknya.

"IPhone membatasi pengguna dalam sebuah sandbox. Tetapi saat kamu membeli iPhone, kamu menguasai peranti kerasnya. Android untuk iPhone memberi kalian keleluasaan untuk menggunakan sistem operasi lain di peranti itu," jelas Corellium dalam web resminya.

Corellium mengataan Android untuk iPhone bisa digunakan penegak hukum untuk penyelidikan forensik dan mengurangi sampah elektronik.

iPhone 5. (Apple)

 

Perusahaan itu juga mengatakan hanya akan menjual teknologi ke lembaga pemerintah atau bisnis serta periset keamanan siber.

Apple sendiri berang bukan main. Corellium dituding melanggar hak kekayaan Apple, khususnya soal teknologi virtualisasi iOS. Pada Agustus 2019 lalu, Apple menyeret Corellium ke meja hijau.

Tetapi menurut Corellium, jauh sebelum digugat Apple sempat menawar ingin membeli perusahaan itu. Apple baru menggugat ketika gagal menyepakati harga dengan Corellium.

Saat ini teknologi Android untuk iPhone Corellium masih dalam versi beta. Sistem operasi Android yang dimodifikasi Corellium juga baru bisa digunakan pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Itulah tool canggih dari Corellium yang bisa menjalankan Android di iPhone. Sayangnya upaya mengubah iPhone jadi smartphone Android ini membuat Apple berang. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Beli iPhone XS Max Dummy, Keluhan Pembeli Online Ini Jadi Sorotan