Kamis, 02 April 2020

Google dan Apple Kini Mulai Tolak Aplikasi Terkait Virus Corona

Apple mengatakan pihaknya hanya menerima informasi terkait virus corona dari lembaga resmi internasional atau pemerintah.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kantor Google. (unsplash/@pawel_czerwinski)
Ilustrasi kantor Google. (unsplash/@pawel_czerwinski)

Hitekno.com - Kini Google dan Apple mulai menindak tegas aplikasi terkait virus corona untuk memerangi misinformasi yang ada di internet. 

Para pengembang aplikasi mengaku bahwa Apple telah menolak semua aplikasi terkait virus corona di toko App Store yang tidak berasal dari lembaga resmi seperti organisasi kesehatan dunia atau pemerintah.

Empat perusahaan developer, kepada CNBC mengungkapkan bahwa Apple telah menolak aplikasi mereka, yang berisi data jumlah pengidap virus corona di seluruh dunia. Padahal, keluh para developer itu, mereka menggunakan data dari sumber-sumber terpercaya seperti organisasi kesehatan dunia (WHO).

Salah satu developer mengaku seorang pegawai Apple menghubungi mereka via telepon dan menjelaskan bahwa semua informasi terkait virus corona akan diterima jika berasal dari lembaga kesehatan resmi dan pemerintah.

Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)
Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

 

Sementara Google juga dilaporkan tidak memunculkan hasil apa pun untuk pencarian terkait virus corona di Play Store. Meski demikian Google sampai saat ini belum memberikan keterangan resmi soal aplikasi-aplikasi terkait virus corona.

Google dan Apple tidak sendiri dalam upaya untuk menghentikan hoaks dan kabar bohong soal virus corona. Sebelumnya Twitter dan Facebook juga telah menegaskan akan meredam informasi-informasi soal virus corona di platform media sosial mereka.

Sebelumnya bulan Januari lalu, Google Search aktifkan peringatan SOS untuk semua pertanyaan terkaut virus corona untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya. Kini nampaknya Google Play telah menonaktifkan pencarian kata kunci virus corona di aplikasi Android.

 Pada aplikasi Play Store atau Google Play jika pengguna mengetik Virus croona atau COVID-19, pengguna pasti tak akan menemukan hasil terkait virus tersebut.

Istilah virus corona juga tak dapat muncul di pencarian film, aplikasi acara TV bahkan pencarian buku di Play Store.

Catatan Redaksi:Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. (Suara.com/Liberty Jemadu)

Terkait

Terkini