Kamis, 22 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 29 Februari 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Secara resmi pada Google dan Erajaya merilis smart speaker dengan dukungan Asisten Google Nest Mini di Indonesia, pada Jumat (28/2/2020). 

”Nest Mini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam beraktivitas dan menyelesaikan tugas keseharian mereka,” ujar Mickey Kim, Director of APAC Business, Google Hardware, dalam pernyataan tertulis di Jakarta.

Mickey menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari lima negara pengguna Asisten Google paling aktif di dunia.

“Nest Mini di Indonesia merupakan peluncuran pertama di Asia Tenggara dalam bahasa lokal dan suara perempuan dan laki-laki,” lanjut Mickey.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Erajaya Group, Hasan Aula, mengatakan bahwa produk-produk Google sangat sesuai dengan visi Erajaya yang sejak tiga tahun lalu menambah produk Internet of Things (IoT) dan Ecosystem.

“Fokus baru dalam portofolio jajaran produk yang kami distribusikan dan ritelkan. Kami yakin, Google Nest Mini akan diterima dengan baik oleh masyarakat konsumen Indonesia,” kata Hasan Aula.

Dalam memasarkan Nest Mini, Google juga menggandeng Tokopedia untuk memasarkan secara online.

“Di kesempatan ini, kami juga sangat senang dapat menghadirkan Official Store Google pertama di Indonesia melalui Tokopedia,” ujar AVP of Business Tokopedia, David Kaono.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna, Google telah bermitra dengan penyedia layanan musik dan platform streaming hiburan, seperti YouTube, Netflix, Spotify, dan Joox.

Spesifikasi

Google Nest Mini. (Google Store)

 

Google Nest merupakan perangkat smart home, di mana pengguna dapat mengontrol ribuan perangkat pintar dari berbagai merek. Pengguna dapat menyalakan atau mematikan lampu atau bahkan mengganti warnanya hanya dengan perintah suara.

Ketika sedang mendengarkan musik atau sejenisnya di Nest Mini, lampu volume LED di samping perangkat akan menyala saat tangan mendekat dengan jarak antara 8-15cm untuk menunjukkan tombol yang dapat diketuk untuk menyesuaikan volume.

Melalui fungsi Google Duo di speaker Nest Mini, pengguna dapat memanggil perangkat dari aplikasi Google Home, menggunakan fitur interkom untuk berkomunikasi antar-speaker Nest, atau menelepon seseorang di tempat lain yang jauh.

Google Nest Mini dilengkapi bantuan hands-free dari Asisten Google dalam bahasa Indonesia, sehingga memberikan perintah untuk menjawab kueri, bahkan mendengarkan berita.

Dengan perintah suara, pengguna juga bisa memanfaatkan Nest Mini untuk membantu meningkatkan produktivitas, termasuk menyetel alarm, timer, pengingat, dan membuat daftar belanja.

Google Nest Mini, yang tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Chalk dan Charcoal, dibanderol dengan harga Rp 925.000.(Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Cara Ganti Nama di Google Meet, Bisa Lewat Dekstop Maupun Aplikasi