Jum'at, 10 April 2020

Rilis Ponsel 5G Pertamanya, Sony Xperia 1 II Meluncur

Batal tampil di acara Mobile World Congress atau MWC 2020 bukan berarti Sony Xperia 1 II tak bisa pamer keandalan. Simak di sini.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Sony Xperia 1 II. (Sony)
Sony Xperia 1 II. (Sony)

Hitekno.com - Salah satu vendor smartphone, Sony baru saja merilis ponsel 5G terbaru mereka yang diberi nama Xperia 1 II. Perlisain ponsel terpaksa berlangsung secara streaming karena MWC 2020 batal digelar karena ancaman Virus corona atau COVID-19.

Mengutip dari GSM Arena pada Selasa (25/2/2020), spesifikasi Sony Xperia 1 II mengandalkan kemampuan kamera dan layarnya. Maklum, Sony memang produsen TV dan kamera yang dikenal andal.

Untuk jeroannya sendiri, ponsel terbaru ini dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 865 dan modem 5G X55 yang kompatibel dengan jaringan sub-6 GHz, sehingga dipastikan bisa menjalankan jaringan 5G. Selain itu, Sony Xperia 1 II juga punya RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Pada bagian layar, Sony mengandalkan display 4K HDR dengan panel OLED berukuran 6,5 inci yang membawa aspek rasio 21:9. Tanpa notch atau punch-hole, layar ponsel ini masih berselimut bezel yang cukup tebal di bagian atas dan bawah layar.

Sony Xperia 1 II. (Sony)
Sony Xperia 1 II. (Sony)

 

Memang, Sony Xperia 1 II tidak dibekali display dengan refresh rate tinggi seperti ponsel flagship lainnya. Meski begitu, Sony mengklaim teknologi Motion Blur Reduction yang dibawa ponsel ini punya manfaat serupa layaknya layar ponsel dengan refresh rate 90 Hz.

Bagian menarik lainnya, Sony Xperia 1 II tidak menggunakan resolusi kamera yang besar, seperti kebanyakan ponsel flagship di pasaran saat ini.

Mereka justru percaya diri dengan empat kamera belakang dengan komposisi kamera utama 12 MP, sensor ultrawide 12 MP, sensor telephoto 12 MP, dan sensor 3D iToF untuk fokus yang lebih tajam yang menemani di belakang. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP.

Konfigurasi ini serupa dengan Xperia 1 yang meluncur tahun lalu, hanya saja pengaturan baru ini mengusung sensor yang lebih besar dan lensa yang lebih cepat. Sekadar informasi, semua kamera yang digunakan juga sudah dikalibrasi oleh ZEISS.

Sony Xperia 1 II. (Sony)
Sony Xperia 1 II. (Sony)

 

Jadi meski ukuran pikselnya terbilang kecil, Sony menyematkan fitur-fitur yang biasa ditemui di lini kamera Alpha-nya, seperti fitur yang mendukung pengambilan foto hingga 20fps dalam burst mode, hingga kemampuan untuk mengkalkulasi AF/AE hingga 60 kali per detik.

Sedangkan untuk spesifikasi dan fitur lainnya, Sony Xperia 1 II dilengkapi baterai berkapasitas 4.000 mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat, headphone jack 3,5 mm, sensor sidik jari di sisi samping ponsel, dan sertifikasi IP65/IP68 untuk melindungi dari air dan debu.

Hadir dalam balutan warna hitam, putih, dan ungu, Sony Xperia 1 II akan melenggang di Eropa dan Amerika Serikat pada akhir musim semi mendatang dengan harga yang masih dirahasiakan.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini