Kamis, 09 April 2020

Nggak Sabar Nunggu? Begini Cara Instal Android 11 Developer Preview

Berikut adalah tips untuk install Android 11. Jangan lupa reboot sesudahnya.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)
Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

Hitekno.com - Meski belum semua smartphone Android telah memakai Android 10, Google telah menyiapkan sistem operasi baru. Google telah bersiap dalam meluncurkan Android 11 atau Android R.

Untuk kamu yang sudah tak sabar pengen menjajal Android 11, kamu bisa mencobanya dulu lewat Developer Preview.

Karena kini Android 11 Developer Preview telah tersedia untuk mereka yang ingin menjajalnya.

Dilansir dari Android Authority, kini siapapun bisa menginstal Android 11 Developer Preview dan mencicipi sistem operasi terbaru milik Google ini.

Namun untuk menginstal pembaruan secara manual, pengguna harus menggunakan smartphone Google Pixel 2 atau seri yang lebih baru.

Logo Android 11. (Android)
Logo Android 11. (Android)

 

Selain Google Pixel yang kompatibel, pengguna juga memerlukan kabel USB untuk menghubungkannya ke komputer dan Android SDK yang diinstal pada perangkat dengan perintah ADB dan Fastboot.

Berikut cara untuk menginstal sistem operasi Android 11 Developer Preview:

1. Unduh OTA image
Pengguna harus mengunduh OTA image yang tepat lewat tautan https://developer.android.com/preview/download-ota.html untuk perangkat Pixel.

2. Persiapkan Perangkat
Setelah menginstal file, pengguna harus me-reboot ponsel ke Recovery Mode untuk menerapkan OTA (over-the-air).

Pertama, matikan ponsel lalu tahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan. Menu bootloader akan muncul dan gunakan tombol volume untuk menggulir ke bawah menuju Recovery Mode.

Pilih Recovery Mode dengan mengklik tombol daya. Pengguna akan melihat robot Android dengan tanda seru di atasnya.

Pengguna dapat menekan tombol Power dan Volume Up sekitar satu detik lalu lepaskan tombol Volume Up untuk memulihkan perangkat.

Selanjutnya, gunakan tombol Volume untuk menggulir ke bawah menuju opsi Apply update from ABD. Tekan tombol Power untuk memilih opsi tersebut. Terakhir, pengguna akan melihat layar kosong yang memberi tahu pengguna cara melakukan sideload OTA.

3. Persiapkan komputer
Setelah mempersiapkan ponsel, pengguna harus melakukan persiapan pada komputer. Pengguna harus menghubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB. Sebelumnya, komputer pengguna harus menginstal ADB tools.

Di Windows, masukkan Command Prompt. Di Linux atau Mac, pengguna dapat menggunakan Terminal. Selanjutnya, pengguna harus memasukkan ABD sideload untuk Windows atau ./adb sideload untuk Mac dan Linux.

Setelahnya, masukkan nama folder .zip dari sebelumnya dan tekan Enter. Dari sini, ponsel pengguna akan kembali ke Recovery Mode dan pengguna dapat melepaskan kabel USB. Pengguna dapat mengakses Reboot Now dengan menekan tombol Volume dan Power.

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan baik, pengguna dapat melakukan reboot ke Android 11 Developer Preview. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini