Sabtu, 29 Februari 2020

Awas! Malware Bisa Masuk Melalui Bluetooth

Peneliti keamanan Android bahkan berhasil menemukan celah kemanan baru.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Bluetooth. (Shutterstock)
Ilustrasi Bluetooth. (Shutterstock)

Hitekno.com - Makin canggihnya teknologi membuat makin rentannya celah keamanan yang dapat dimanfaatkan hacker untuk meretas sebuah perangkat. 

Baru-baru ini, peneliti keamanan Android bahkan berhasil menemukan celah kemanan baru yang memungkinkan peretas untuk mengirim malware lewat perantara Bluetooth.

Temuan ini sendiri telah dijabarkan oleh peneliti keamanan di ERNW. Sebagaimana dikutip dari Engadget, Selasa (11/2/2020), para peneliti keamanan itu menemukan malware baru bernama BlueFrag.

Nah, BlueFrag sanggup mencuri data dari perangkat di sekitarnya lewat perantara bluetooth yang terpasang pada perangkat berbasis Android 8 atau Android 9.

Untuk menjalankan aksinya, si peretas memang perlu mengetahui MAC address dari Bluetooth si target, tetapi itu bukan perkara sulit. Si peretas dapat menebaknya hanya dengan merujuk pada MAC address yang tertera pada WiFi perangkat tersebut.

Ilustrasi malware atau program jahat pada sebuah ponsel. [Shutterstock]
Ilustrasi malware atau program jahat pada sebuah ponsel. [Shutterstock]

Untuk melindungi perangkatnya, peneliti menyarankan pengguna disarankan untuk memperbarui dan memasang patch keamanan baru per Februari 2020.

Namun yang menjadi permasalahan, kemungkinan besar tidak semua perangkat berbasis Android 8 bisa mendapat pembaruan patch keamanan dari pabrikan.

Beruntung, malware ini dipastikan tidak bisa menembus pertahanan Android 10.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini