Selasa, 24 November 2020

Ketahuan, Apple Siapkan Mac Baru dengan Prosesor AMD

Setelah Microsoft Surface Laptop pakai AMD Ryzen, kini Apple ikut meliriknya.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Apple. (pexels/Armand  Valendez)
Logo Apple. (pexels/Armand Valendez)

Hitekno.com - Semenjak meninggalkan PowerPC ganti ke x86, Apple diketahui selalu memakai prosesor Intel. Namun nampaknya kini melirik ke kubu sebelah, prosesor AMD.

Selama ini prosesor AMD memang memiliki citra kurang baik karena suhu panas dan pemakaian daya tinggi. Tapi itu dulu, bukan sekarang.

Semenjak kehadiran prosesor AMD Ryzen, kini hadir lebih dingin dan hemat daya. Punya performa tinggi, namun tetap ramah di kantong.

Ditambah lagi AMD Ryzen juga memiliki integrated GPU yang disebut APU berperforma tinggi. Bahkan disebut-sebut integrated GPU paling kuat untuk saat ini.

Sedangkan prosesor Intel yang selama ini digunakan Apple tak memiliki integrated GPU yang mumpuni. Alhasil, Apple memakai discreate GPU AMD.

Tak heran makin banyak laptop maupun pengguna PC melirik prosesor AMD Ryzen. Bahkan Apple pun dirumorkan berminat pindah haluan.

Dikutip dari Engadget, Apple dilaporkan tengah menguji perangkat Mac baru. Sayangnya tidak jelas apakah Macbook atau iMac.

Prosesor AMD Ryzen 3000. (AMD)
Prosesor AMD Ryzen 3000. (AMD)

 

Seorang leaker dengan akun Twitter @_rogame pun menemukan bukti-bukti dalam file pengujian Mac baru ini yang menyinggung arsitektur baru AMD, NAVI.

Bukti-bukti ini ditemukannya pada MacOS 10.15.4 Beta 1 yang beriksikan kode-kode nama arsitektur prosesor AMD beberapa generasi.

Temuan ini mengindikasikan kalau Apple sedang menyiapkan perangkat baru memakai prosesor AMD, namun tidak diktahui perangkat apa.

Beberapa spekulasi pun muncul, dari pemakaian prosesor AMD Ryzen seperti yang ramai dipakai untuk laptop generasi sekarang.

Ada pula spekulasi pemakaian AMD Epyc sebagai prosesor enterprise kelas server. Bahkan dugaan Apple membuat perangkat gaming juga makin menguat.

Microsoft juga telah memasangkan prosesor AMD Ryzen untuk Surface Laptop 3. Sehingga tak diragukan lagi kenapa Apple bisa ikutan meliriknya.

Terkait

Terkini