Senin, 24 Februari 2020

Tak Bisa Pakai Layanan Google, Huawei Pasang 70 Aplikasi di Smartphone Baru

Huawei berencana akan menambahkan 70 aplikasi populer di smartphone baru.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Huawei masih berhalangan tak bisa memakai layanan Google pada smartphone mereka. Hal ini membuat perusahaan asal China tersebut berpikir keras menggarap smartphone baru.

Huawei tengah berusaha agar bisa menghadirkan berbagai aplikasi Android populer, untuk ekosistemnya agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Selepas pemerintah Amerika Serikat menjatuhkan embargo dagang untuk Huawei, produsen teknologi asal China ini praktis tidak bisa mengandalkan Google Mobile Services (GMS) termasuk Google Play Store, yang berisi banyak aplikasi.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (9/2/2020), Huawei berencana akan menambahkan 70 aplikasi Android paling populer untuk deretan ponsel terbarunya nanti.

Gilanya, semuanya aplikasi tersebut akan terpasang langsung pada ponsel, sehingga pengguna tidak perlu repot memikirkan cara mengunduh aplikasi populer Android di ponsel Huawei. 

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Nantinya, aplikasi-aplikasi tersebut akan dikelompokkan berdasarkan wilayah, serta akan diperbarui berdasarkan daftar populer di Google Play Store.

Meski begitu, Huawei tetap tidak bisa menghadirkan beberapa aplikasi populer seperti Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp karena pembuat aplikasi tersebut berasal dari Negeri Paman Sam.

Sementara itu, laporan mengenai rencana kehadiran 70 aplikasi populer ini, berasal dari presentasi tertutup yang diadakan oleh Huawei untuk jurnalis dari Eropa Timur. 

Konon, Huawei akan mulai menerapkan rencana baru ini pada seri P40, yang diprediksi akan meluncur pada 26 Maret 2020 mendatang.

Itulah salah satu langkah Huawei mengatasi masalah layanan Google dengan memasang banyak aplikasi ke smartphone baru mereka. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini