Rabu, 26 Februari 2020

Duh! iPhone 11 Pro Memiliki Tingkat Radiasi Melebihi Batas Aman

Studi terbaru menemukan fakta bahwa iPhone 11 Pro memiliki tingkat radiasi tinggi.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
iPhone 11 Pro Max. (Apple.com)
iPhone 11 Pro Max. (Apple.com)

Hitekno.com - Smartphone besutan Apple, iPhone dikenal memiliki harga cukup mahal, termasuk yang baru saja dirilis iPhone 11 Pro. Namun di balik mahalnya smartphone tersebut, ada fakta mengejutkan bahwa ponsel tersebut memiliki tingkat radiasi tinggi melebihi standar yang ditetapkan Federal Communicaton Commission (FCC).

Sebuah studi dilalukan oleh Penumbra Brands menunjukkan bahwa iPhone 11 Pro memaparkan tingkat radiasi RF (radio frequency) yang berbahaya bagi penggunanya.

"Pengguna ponsel harus khawatir tentang paparan radiasi RF. Pengujian menunjukkan iPhone 11 Pro berpotensi memaparkan radiasi kepada orang-orang lebih dari dua kali lipat batas aman FCC," kata Ryan McCaughey, CTO Penumbra Brands, seperti dikutip dari BGR, Kamis (6/2/2020).

Sementara itu, laporan dari RF Exposure Lab membuktikan bahwa iPhone 11 Pro memaparkan tingkat radiasi dua kali lebih besar dari batas keamanan yang dikeluarkan oleh FCC.

iPhone 11 Pro. (Apple)
iPhone 11 Pro. (Apple)

 

Sebelum sampai pada kesimpulan ini, para periset melakukan pengujian dengan meletakkan iPhone 11 Pro yang berjarak kira-kira 5 mm dari manekin dan menunjukkan hasil tersebut.

"Konsumen harus mengubah kebiasaan dalam menggunakan ponsel itu (iPhone 11 Pro) untuk melindungi diri dari paparan RF yang berlebihan,” lanjutnya.

Selain iPhone 11 Pro, iPhone 7 juga memiliki masalah yang sama. Chicago Tribune melaporkan bahwa tingkat radiasi iPhone 7 jauh melebihi batas aman.(Suara.com/ Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini