Senin, 24 Februari 2020

Terungkap, Bill Gates Pendiri Microsoft Punya Simpanan Saham di Apple

Berdasarkan sebuah laporan, diketahui bahwa saham Bill Gates di Apple melalui Berkshire Hathaway.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Bill Gates. (Twitter/@BillGates)
Bill Gates. (Twitter/@BillGates)

Hitekno.com - Miliarder asal Amerika Serikat sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates baru-baru ini dilaporkan memiliki simpanan saham di perusahaan teknologi raksasa, Apple.

Aneh rasanya mengetahui bahwa salah satu orang terkaya di dunia ini ternyata memiliki saham di perusahaan bentukan Steve Jobs, Apple. Mengutip dari The Next Web, aliran saham Bill Gates di Apple mungkin dapat dijelaskan sebagai berikut.

Sebagai sosok kaya raya, Bill Gates bersama istrinya, Melinda Gates memutuskan membuat yayasan bersama yang bernama Bill and Melinda Gates Foundation.

Memiliki saham besar, Bill Gates dan Melinda Gates membuat sumber pendanaan terpisah untuk mendukung yayasannya tersebut. Pendanaan terpisah ini datang dari saham Bill Gates di Microsoft dan beberapa sumber dana lainnya.

Laporan kuartal otoritas SEC pada November 2019 lalu menunjukan bahwa pendanaan untuk yayasan Bill and Melinda Gates Foundation ini datang dari 16 perusahaan berbeda yang merupakan tempat simpanan saham Bill Gates.

Logo Apple. (pexels/Armand  Valendez)
Logo Apple. (pexels/Armand Valendez)

 

Salah satu perusahaan yang menjadi tempat simpanan saham milik Bill Gates adalah Berkshire Hathaway yang dirinya dirikan bersama miliarder kenamaan, Warren Buffet yang adalah sahabatnya.

Perusahaan yang dibangun oleh Bill Gates dan Berkshire Hathaway ini dikenal sebagai investor utama dari perusahaan besar di Amerika seperti Coca-Cola, Wells Fargo, Delta Air Lines, hingga Apple.

Berdasarkan sebuah laporan, diketahui bahwa saham Bill Gates dan Warren Buffet melalui Berkshire Hathaway di Apple mencapai 248.838.679 lembar atau senilai 79 miliar dolar AS atau Rp 955 triliun.

Bill Gates. (Shutterstock)
Bill Gates. (Shutterstock)

 

Karena dibagi bersama Warren Buffet, dengan hitungan mendalam, dapat disimpulkan bahwa Bill Gates memiliki 2,25 persen saham di Apple melalui Bershire Hathaway atau sekitar 1,8 miliar dolar AS atau Rp 24,5 triliun.

Walaupun secara angka, saham Apple ini adalah milik Bill Gates, namun miliarder ini tidak menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan pribadi melainkan untuk pembangunan yayasan miliknya dan sang istri, Bill and Melinda Gates Foundation.

Terkait

Terkini