Jum'at, 21 Februari 2020

Jack Ma Hingga Bill Gates Sumbang Dana untuk Tangani Virus Corona

Pendiri e-commerce Alibaba dan Microsoft ini menyampaikan itikad baik untuk memberikan sumbangan dana demi membantu penanganan virus corona.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Setelah semakin menyebar, virus corona menjadi konsen dunia hingga memicu berbagai simpati. Dua sosok kenamaan di bidang teknologi, Jack Ma dan Bill Gates diketahui akan memberikan sumbangan dana untuk menangani virus corona ini.

Menyusul Xiaomi yang juga membantu penanganan virus corona, pendiri e-commerce Alibaba dan Microsoft ini menyampaikan itikad baik untuk memberikan sumbangan dana demi membantu penanganan wabah yang berasal dari China ini.

Mengutip Forbes, Jack Ma diketahui menyumbang dana 14 juta dolar AS atau setara dengan Rp 191 miliar untuk penanganan wabah virus corona melalui yayasannya.

Dari jumlah tersebut, dana sebesar 5,8 juta dolar AS atau Rp 79 miliar telah dialokasikan oleh Jack Ma untuk organisasi penelitian pemerintah Tiongkok terkait virus corona.

Tidak hanya itu, melalui Alibaba, Jack Ma menawarkan komputasi artificial intelligence atau AI untuk organisasi penelitian ilmiah dalam upaya untuk pencarian vaksin dan perawatan.

Jack Ma. (Shutterstock)
Jack Ma. (Shutterstock)

 

Menurut rencana, sisa dana yang diberikan oleh miliarder asal China ini akan diberikan untuk pencegahan dan perawatan terkait virus yang menyebar dari Wuhan, China ini.

Selain Jack Ma, Bill Gates melalui yayasannya juga ikut menyumbangkan sejumlah dana demi penanganan virus corona. Miliarder asal Amerika ini memberikan dana 10 juta dolar AS atau Rp 136 miliar untuk penanganan virus corona di China dan Afrika.

5 juta dolar AS dari dana yang diberikan akan dialokasikan untuk mendukung pemerintah China, dan sisanya untuk Afrika sebagai bentuk penanganan dan persiapan menghadapi wabah virus yang akan terjadi di negara tersebut.

Bill Gates. (Shutterstock)
Bill Gates. (Shutterstock)

 

Seperti yang diketahui, sebelumnya dilaporkan bahwa beberapa perusahaan teknologi juga ikut menyumbangkan dana dan turut andil dalam menangani virus corona yang jadi teror dunia ini. Beberapa di antaranya adalah Xiaomi, Huawei, Tencent, Baidu, hingga TikTok.

Virus corona saat ini menjadi teror dunia usai terdeteksi pada awal Januari 2020 ini. Diharapkan sumbangan dana yang diberikan Jack Ma dan Bill Gates serta perusahaan teknologi lainnya dapat membantu penanganan virus corona.

Terkait

Terkini