Selasa, 25 Februari 2020

Disiksa dan Dibakar, Huawei Mate 30 Pro Buktikan Ketangguhannya!

Huawei Mate 30 Pro berhasil membuktikan komponen luarnya mempunyai build quality yang sangat tangguh.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Huawei Mate 30 Pro saat dibakar mengguakan korek gas. (YouTube/ JerryRigEverything)
Huawei Mate 30 Pro saat dibakar mengguakan korek gas. (YouTube/ JerryRigEverything)

Hitekno.com - Huawei Mate 30 Pro merupakan smartphone flagship andalan Huawei yang sudah terbukti pada kualitas kameranya. Dalam beberapa bulan terakhir, smartphone flasghip Huawei tersebut masih kokoh bertengger sebagai smartphone dengan skor performa kamera terbaik pada DxOMark.

Tak cuma tangguh di sektor fotografi, Huawei Mate 30 Pro ternyata cukup tangguh apabila disiksa dengan menggunakan benda tajam.

Channel YouTube JerryRigEverything baru saja melakukan tes durabilitas pada semua komponen luar pada Huawei Mate 30 Pro.

Cukup luar biasa, Mate 30 Pro berhasil melewati semua tes tanpa mengalami kendala berarti.

Perangkat ini direkomendasikan oleh pemilik channel YouTube JerryRigEverything sebagai salah satu smartphone flagship dengan ketahanan cukup tinggi.

Tes durabilitas pada Huawei Mate 30 Pro. (YouTube/ JerryRigEverything)
Tes durabilitas pada Huawei Mate 30 Pro. (YouTube/ JerryRigEverything)

 

Pemilik channel YouTube JerryRigEverything yang mempunyai nama asli Zack Nelson tersebut mulai mengetes layar Mate 30 Pro menggunakan alat penggores yang bisa dikustomisasi sesuai level.

Sebagai referensi, Mate 30 Pro mempunyai layar OLED 6,53 inci beresolusi Full HD Plus (1176 x 2400 piksel) dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 6.

Pada pengujian menggunakan alat penggores, layar Mate 30 Pro dapat bertahan pada level 6 hingga 7 sehingga menandakan cukup tangguh di kelasnya.

Dikutip dari GSM Arena, Zack Nelson menjelaskan bahwa lapisan pelindung plastik akan tergores di level 3 dan lapisan kaca akan tergores di level 6 dan 7.

Goresan kecil yang tampak pada layar Huawei Mate 30 Pro di level 6 dan 7.  (YouTube/ JerryRigEverything)
Goresan kecil yang tampak pada layar Huawei Mate 30 Pro di level 6 dan 7. (YouTube/ JerryRigEverything)

 

Sementara pelindung dengan bahan safir akan tergores di level 8 dan 9.

Ketika kamera depan dan belakang digores menggunakan pisau kecil, tampak kedua kamera tersebut dapat bertahan dengan menyisakan sedikit goresan.

Zack Nelson cukup terpana dan memberikan pujian pada bodi bagian belakang karena tidak mengeluarkan suara ketika digores menggunakan cutter.

Huawei Mate 30 Pro. (Huawei)
Huawei Mate 30 Pro. (Huawei)

 

Panel bagian belakang berfungsi yang seperti kaca dan menimbulkan refleksi cantik ternyata mempunyai ketahanan yang cukup tinggi.

Ketika disiksa dengan dibakar menggunakan korek gas selama 25 detik, terlihat noda hitam yang membekas pada layar OLED milik Huawei Mate 30 Pro.

Namun noda bekas yang tampak perlahan menghilang dalam beberapa detik kemudian.

Tes selanjutnya adalah Zack Nelson akan melengkungkan Mate 30 Pro dengan kekuatan tangannya.

Sangat kuat, Mate 30 Pro masih kokoh dan tidak bengkok ketika dilakukan tes kelengkungan.

JerryRigEverything berasumsi bahwa itu ada hubungannya dengan kaca melengkung yang memberi kekuatan ekstra pada strukturnya serta "Super Strong Frame" yang membuat perangkat tidak gampang bengkok pada tes kelengkungan.

Kesimpulan pada videonya adalah Zack Nelson mengategorikan Huawei Mate 30 Pro sebagai "Well-Built Solid Phone" sehingga masuk sebagai smartphone rekomendasi di kelas flagship.

Terkait

Terkini