Minggu, 31 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 14 Januari 2020 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Kabar perpisahan yang cukup membuat sedih datang dari keluarga Microsoft yang hari ini Selasa (14/1/2020) memutuskan untuk menghentikan support-nya ke Windows 7.

Pengumuman perpisahan keduanya ini akhirnya disampaikan setelah sebelumnya hanya merupakan rumor dan rencana.

Diketahui hubungan kerja sama antara keduanya ini telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun, sedih rasanya jika keduanya justru berpisah.

Kabar mengenai perpisahan Microsoft ke sistem operasi Windows 7 ini disampaikan melalui laman Support Microsoft.

Perusahaan menjelaskan bahwa bantuan teknis dan pembaruan perangkat lunak sudah tidak lagi tersedia.

Berhentinya Microsoft memberikan support pada Windows 7 ini jelas saja berpengaruh pada malware yang mengancam Windows 7.

Lebih lanjut, Microsoft menyarankan pada penggunanya untuk segera melakukan update dan beralih ke Windows 10 agar bisa terus merasakan penggunaan Microsoft di perangkatnya.

Microsoft Windows 10. (Amazon)

 

Microsoft menjelaskan bahwa Windows 10 mampu bekerja secara optimal di perangkat kamu. Microsoft sangat tidak menyarankan penggunanya untuk mengakses Windows 10 di perangkat lawasnya.

Dilansir dari BBC, melakukan update untuk sistem operasi Windows 10 cukup mudah.

Pengguna hanya perlu melakukan install Windows 7 dan Windows 8 resmi di perangkatnya. Setelah itu, unduh Media Creation Tool Windows 10.

Sesaat setelah beberapa fitur tersebut terinstall, pengguna dapat memberikan izin akses dan memilih 'Upgrade this PC now'.

Saat melakukan proses upgrade, pilih fitur 'Keep personal files and apps' untuk memastikan bahwa data dan filme kamu tidak hilang.

Ilustrasi Microsoft. (Unsplash/Tadas Sar)

 

Selanjutnya, kamu bisa langsung melakukan update dan aktivasi untuk mengaktifkan lisensi digital Windows 10 di perangkatmu.

Selain langkah di atas, kamu juga bisa mengganti perangkat untuk bisa langsung menjajal Windows 10 di perangkat baru yang baru saja kamu gunakan.

Perpisahan Microsoft dan sistem operasi Windows 7 ini tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, kabar tersebut sudah terdengar jauh sebelum akhirnya tanggal pasti akhir support tersebut diumumkan.