Selasa, 29 September 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 10 Januari 2020 | 12:10 WIB

Hitekno.com - Canon EOS 1D X Mark III kamera DSLR kelas atas ini resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Sebagai penerus Canon EOS 1D X Mark II yang rilis pada 2016, pastinya kamera DSLR ini punya keunggulan lain.

Dibandingkan dengan pendahulunya, kamera DSLR Canon ini memiliki beberapa peningkatan dalam hal sensor, prosesor gambar, sistem autofokus, dan kontrol yang lebih baik.

Tersedia mulai Februari mendatang, harga Canon EOS 1D X Mark III dibanderol  6500 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 90 juta.

Mahal? Tentu tidak jika melihat spesifikasi yang diusung kamera DSLR Canon EOS 1D X Mark III ini.

Menurut laporan The Verge, Rabu (8/1/2020), sensor yang tersemat pada Canon EOS 1D X Mark III beresolusi 20,1 MP, lengkap dengan filter High Detail Low-Pass yang diklaim sanggup menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Canon EOS 1D X Mark III. (Canon)

 

 

Serupa dengan kamera DSLR Canon lainnya, sensor ini juga menggunakan teknologi autofokus Dual Pixel yang mampu mendeteksi 3.869 titik penguncian obyek pada 525 area yang akan bekerja secara otomatis dalam mode live view.

Tak lupa, sistem autofokus ini juga punya teknologi pendeteksi mata pada mode mode live view.

Beralih ke prosesor pengolah gambar, Canon EOS 1D X Mark III menggunakan Digic X yang punya ISO 100 hingga 102.400 dan bisa ditingkatkan menjadi 50 sampai 819.200.

Canon EOS 1D X Mark III. (Canon)

 

Menariknya, sistem autofokus 191 titik pada viewfindernya juga dibekali prosesornya sendiri, yaitu Digic 8, yang bisa mendeteksi bagian kepala dan wajah dari obyek foto yang diambil.

Canon mengklaim bahwa prosesor gambar yang terpasang pada Canon EOS 1D X Mark III punya kemampuan memproses gambar 3,1 lebih hebat ketimbang prosesor Digic 6+ di Mark II, sekaligus 380 kali lebih hebat dalam performa pemrosesan autofokus.

Ketika berada dalam mode burst, Canon EOS 1D X Mark III bisa menangkap objek lebih dari 1.000 gambar menggunakan dua slot CFexpress yang ada.

Canon EOS 1D X Mark III. (Canon)

 

Di sisi lain, Canon EOS 1D X Mark III juga bisa dipakai untuk merekam video RAW 5,5K secara internal dan video 4K 60P tanpa crop dalam format 10-Bit 4:2:2 C-Log. Pengambilan video bisa direkam dengan dynamic range sebesar 12 stop.

Soal konektivitas, Canon EOS 1D X Mark III dibekali Bluetooth, WiFi, GPS, dan port Ethernet Gigabit. Tombol-tombol pada bodi kamera pun dilengkapi dengan lampu untuk memudahkan penggunanya.

Itulah beberapa kelebihan kamera DSLR Canon EOS 1D X Mark III yang dihargai Rp 90 jutaan. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Resmi Dikenalkan, Berapa Harga Sony Alpha 7S III di Indonesia?