Senin, 24 Februari 2020

Smartphone Huawei Munculkan Peringatan Malware Google Allo, Berbahaya?

Aplikasi Google Allo sendiri telah dimatikan sejak 2018 silam.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Perpisahan Google Allo. (Google)
Perpisahan Google Allo. (Google)

Hitekno.com - Masih ingat dengan aplikasi Google Allo yang sudah dimatikan pada 2018 silam? Meski sudah ditarik dari peredaran, masih banyak pengguna yang terinstal Google Allo di smartphone miliknya.

Belum lama ini, smartphone Huawei telah memunculkan peringatan yang menyebutkan Google Allo sebagai ancaman keamanan yang diduga malware.

Peringatan muncul sebagai "Security threat" dalam layar smartphone Huawei dan di bagian bawahnya tertulis "Allo tampaknya terinfeksi. Pencopotan pemasangan disarankan".

Pengguna juga melihat dua opsi Abaikan dan Uninstal aplikasi Google Allo dari smartphone Huawei miliknya.

Dilansir dari Android Authority, peringatan keamanan ini pertama kali terlihat pada Huawei P20 Pro. Peringatan tersebut juga akan kembali muncul ketika pengguna mengakses Google Allo.

Aplikasi Google Allo. (Google Play Store)
Aplikasi Google Allo. (Google Play Store)

 

Saat aplikasi meminta verifikasi nomor pengguna lewat kode yang dikirim melalui SMS, Allo akan meminta izin untuk mengakses kontak pengguna.

Di saat itulah muncul pemberitahuan peringatan bahwa Allo terinfeksi malware dan smartphone menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi.

Saat ini, masih tidak jelas apakah merupakan kesalahan dari pihak Huawei atau keamanan OEM secara eksplisit mengeluarkan peringatan karena Allo telah "dibunuh".

Itulah peringatan bahaya yang muncul di smartphone Huawei pada aplikasi Google Allo. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini