Jum'at, 07 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Januari 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Saat musim hujan tiba, sering diikuti dengan munculnya banyak petir. Apakah memakai smartphone ketika ada petir bisa membahayakan? Apakah sekedar mitos atau fakta pakai smartphone saat ada petir berbahaya?

Pakar keselamatan petir menyatakan bahwa menggunakan smartphone saat petir berlangsung tidak membahayakan. Ia juga menyanggah mitos yang mengatakan bahwa menggunakan smartphone saat terjadi petir akan membahayakan jiwa.

"Hal pertama yang harus dipahami semua orang adalah: tidak ada sesuatu yang benar-benar bisa menarik kilat, tetapi kilat menyambar melalui kabel, pagar, dan benda-benda seperti itu. Jadi, jika Anda menggunakan smartphone saat terjadi petir, kemungkinan besar Anda tidak akan tersambar olehnya," kata John Jensenius, Pakar Keselamatan Kilat di National Weather Service, seperti dilansir dari Accuweather, Selasa (31/12/2019).

Menurut John Jensenius, ada kesalahpahaman tentang asumsi kebanyakan orang yang menganggap bahwa smartphone bisa menarik petir.

Jika ada orang yang tersambar petir saat sedang menggunakan smartphone, maka orang-orang akan beranggapan jika pakai smartphone itu adalah penyebabnya.

Ilustrasi pengguna smartphone. (Unsplash/freestocks.org)

 

Padahal dalam kenyataannya, John Jensenius mengatakan bahwa sambaran petir tidak ada hubungannya dengan smartphone yang digenggam.

"Kuncinya adalah Anda harus berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak tersambar petir. Tidak peduli apakah Anda membawa smartphone atau tidak," imbuhnya.

Namun, lain halnya dengan telepon rumah. Penggunaan telepon rumah saat terjadi petir tidak aman karena telepon rumah tersambung dengan kabel di luar ruangan.

Secara teknis, petir bisa menyambar secara tidak langsung melalui kawat ke telepon rumah dan dapat melukai orang yang sedang menggunakannya.

Ilustrasi badai petir. (Pixabay/ O12)

 

"Tempat Anda berada ialah yang paling penting. Jika Anda berada di dekat menara smartphone, ini adalah hal buruk karena petir akan datang dan menghantam menara smartphone," kata Dan Kottlowski, Ahli Meteorologi Senior AccuWeather.

Sehingga, ketika ada petir menyambar, Dan Kottlowski menyarankan orang untuk berlindung ke tempat yang tertutup, seperti mobil atau gedung.

Itulah penjelasan ahli pada bahaya memakai smartphone ketika ada petir. Ingat, pakai smartphone di tempat yang aman. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: MediaTek Helio G85 dan Redmi Note 9 Rilis