Selasa, 26 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 31 Desember 2019 | 11:45 WIB

Hitekno.com - Malam pergantian tahun baru selalu identik dengan kembang api yang akan diluncurkan tepat tengah malam. Momen yang tak akan tergantikan tersebut wajib banget kamu abadikan, nggak perlu harus punya kamera bagus kok, cukup pakai smartphone.

Jika kamu kebetulan ada rencana berada di luar untuk merayakan tahun baru, jangan lupa untuk menangkap momen kembang api di langit dengan ponsel kamu ya.

Kembang api merupakan subjek fotografi yang unik sekaligus menantang, karena kembang api bergerak dengan cepat di langit malam yang gelap.

Hal inilah yang membuat kembang api sulit untuk ditangkap kamera. Jangan khawatir, kali ini HiTekno.com punya cara mudah dan tips buat kamu yang akan menotret kembang api di malam tahun baru nanti.

Langkah pertama adalah gunakan Mode Burst atau mode dengan kecepatan shutter yang cepat. Mode ini beberapa sudah ada di beberapa smartphone terbaru.

Dengan mode ini kamu bisa mendapatkan momen terbaik tanpa harus menghitung waktu yang tepat untuk mendapatkan gambar kembang api.

Kedua, kamu bisa gunakan mode video dengan kecepatan 4K. Resolusi yang besar ini akan memberi kamu banyak pilihan foto. Selain itu, kamu bisa mendapakan video dengan gerakan lambat atau slow motion.

Ilustrasi memotret kembang api. (Unsplash/Armanath Tade)

 

Cara ketiga adalah, pengaturan exposure dan kunci fokus di smartphone kamu. Kamu harus menunggu kamera ponsel kamu menemukan fokus dan kamu bisa langsung mengambil gambar tersebut.

Saat kembang api naik, kamu harus memastikan fokus kamu dan pencahayaan yang akan ditangkap dengan mengetuk atau menahan layar untuk mengunci fokus.

Tapi respon kamu juga harus cepat saat kembang api meluncur dan kamu nggak akan ketinggalan momen.

Ilustrasi memotret kembang api. (Unsplash/Alfaro Reyes)

 

Cara keempat adalah menggunakan aplikasi tambahan untuk menangkap kembang api di kegelapan.

Bagi kamu pengguna Android dan iPhone kamu bisa memanfaatkan aplikasi Adobe Lightroom untuk menangkap kembang api lho.

Aplikasi Adobe Lightroom in memungkinkan kamu menangkap kembang api dengan long exposure dengan kecepatan shutter tertentu.

Bahkan dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur seberapa lambat atau cepat exsposure yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil jepretan kembang api.

Gimana empat tips di atas mudah bukan untuk memotret kembang api dari ponsel di perayaan tahun baru?