Rabu, 29 Januari 2020

WiFi Tiba-Tiba Mati? Begini Cara Mudah Memperbaikinya

Tak perlu panik, coba saja cara ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasy Router Wifi. (HiTekno.com)
Ilustrasy Router Wifi. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Wifi dengan koneksi internet jadi kebutuhan penting bagi manusia era sekarang. Dari main game, tugas sekolah, hingga pekerjaan kantor akan lebih mudah dengan Wifi.

Namun pasti menyebalkan jika Wifi tiba-tiba mati, apalagi sudah deadline. Tak ada koneksi internet, hidup pun jadi tak berwarna.

Ketimbang menghabiskan waktu dengan menggerutu, mending coba perbaiki sendiri Wifi yang mati. Karena menggerutu tidak akan merubah keadaan.

Tak tahu soal teknis Wifi? Tenang, berikut ini beberapa cara paling umum dan mudah dalam memperbaiki Wifi yang ngadat menurut Suara.com.

1. Dua masalah mendasar

Ada 5 cara perbaiki Wifi yang tiba-tiba mati. Ilustrasi wifi di iPhone. [Shutterstock]
Ada 5 cara perbaiki Wifi yang tiba-tiba mati. Ilustrasi wifi di iPhone. [Shutterstock]

 

Ada dua permasalahan mendasar yang bisa menjadi penyebab Wifi tiba-tiba mati. Pertama, pastikan pengguna telah menghidupkan fitur penerima Wifi di ponsel atau komputer.

Penting juga untuk memeriksa apakah mode pesawat sedang aktif atau tidak. Kedua, coba cek kembali kata sandi atau password. Pastikan password sudah benar dan atur ulang koneksi.

2. Nonaktifkan Bluetooth

Bluetooth dapat mengganggu jaringan Wifi, terutama karena keduanya mengirim sinyal melalui frekuensi radio 2,4GHz.

Karenanya, pastikan pengguna telah menonaktifkan Bluetooth karena terkadang Bluetooth dapat memotong akses ke jaringan internet.

3. Restart router

Menyalakan ulang atau restart router adalah salah satu solusi paling sederhana. Cabut semua kabel dari perangkat dan tunggu beberapa menit.

Setelahnya, pasang kabel kembali dan tunggu hingga router menyala kembali. Selagi menunggu, pengguna juga bisa menyalakan ulang ponsel atau perangkat apapun yang ingin dihubungkan ke Wifi.

4. Sambungkan ulang jaringan

Perbaikan cepat dan mudah lainnya adalah menyambungkan ulang jaringan Wifi. Pengguna dapat masuk ke Pengaturan Wifi dan pilih opsi Lupa atau Forget, kemudian sambungkan kembali jaringan dengan masukkan ulang kata sandi.

5. Reset pabrik

Reset pabrik atau factory reset akan menghapus semua data dari perangkat pengguna, termasuk bug perangkat lunak yang mungkin menyebabkan terjadinya masalah koneksi ini dan mengembalikannya kembali ke pengaturan asli.

Tapi sebelum melakukan reset pabrik, pengguna disarankan untuk menyimpan atau save data pada perangkat.

Itulah 5 cara mudah untuk memperbaiki Wifi ngadat atau tiba-tiba mati secara umum. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini