Senin, 06 April 2020

Huawei P40 Pro Siap Rilis 2020, Masih Tanpa Google Play Store

Bisakah Huawei P40 Pro sukses dipasaran tanpa dukungan Google?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Huawei P40 Pro, smartphone flagship baru yang fokus pada kamera ini dikabarkan siap meluncur 2020 mendatang. Bahkan disebut-sebut akan meluncur pada Maret 2020.

Namun disayangkan, smartphone flagship Huawei ini masih belum dilengkapi dengan layanan dan aplikasi penting dari Google.

Seperti Google Play Store tidak akan ditemukan pada Huawei P40 Pro sebagai aplikasi bawaannya. Begitu juga aplikasi Google lain yang umum ada di smartphone Android.

CEO Huawei, Richard Yu mengungkap kepada media bahwa Huawei P40 Pro akan diluncurkan di Paris, Prancis pada Maret 2020.

Smartphone flagship Huawei itu memang masih akan menggunakan sistem operasi Android, tetapi tanpa Google Mobile Services.

Seperti diwartakan sebelumnya, Huawei memang masih masuk dalam daftar hitam perdagangan Amerika Serikat. Konsekuensinya Huawei tidak bisa berhubungan dengan perusahaan-perusahaan AS, termasuk Google.

Android sendiri adalah sistem operasi yang sifatnya open source - artinya bisa diakses oleh siapa saja.

Wujud pertama Huawei P40. (Huawei)
Wujud pertama Huawei P40. (Huawei)

 

Tetapi Google Mobile Service - peranti yang diperlukan untuk bisa mengakses aplikasi Google seperti YouTube, Google Maps, atau Google Play Store - butuh lisensi agar bisa digunakan.

Meski demikian Huawei P40 Pro disebut bakal memiliki kamera dengan kemampuan di atas rata-rata dan baterai berkapasitas lebih besar. Selain itu Huawei P40 Pro juga disebut akan dibekali prosesor Kirin 990 5G.

Sebelumnya Huawei Mate 30 Pro, yang diluncurkan di Indonesia pada November kemarin, juga tak dibekali dengan Google Mobile Service, sehingga tak bisa mengakses Google Play Store.

Seperti diketahui, Huawei Mate 30 Pro yang hadir tanpa Google Play Store tidak ditanggapi seantusias seri sebelumnya. Lalu bagaiman dengan smartphone flagship Huawei P40 Pro nanti? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini