Senin, 23 November 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 Desember 2019 | 16:18 WIB

Hitekno.com - Kabar mencengangkan datang dari Foxconn perusahaan yang bertanggungjawab pada perakitan iPhone dan perangkat teknologi lainnya.

Perusahaan asal Taiwan berbasis di China ini, ketahuan melakukan kecurangan dalam melakukan perakitan iPhone memakai komponen cacat.

Kecurangan ini dilakukan oleh sejumlah pegawai tingkat manajer Foxconn yang memakai komponen cacat dan tidak lolos uji kualitas untuk perakitan iPhone.

Kabar mengejutkan ini datang setelah Dailymail melaporkan, Kamis (19/12/2019), bahwa ada manajer di Foxconn yang bekerjasama dengan pebisnis asal Taiwan, mengumpulkan komponen cacat iPhone itu.

Gilanya, mereka pun menggunakan komponen cacat tersebut menjadi iPhone yang terlihat berfungsi normal.

Ironisnya, komponen yang seharusnya menjadi sampah ini justru diboyong ke pabrik Foxconn di China, untuk dirakit menjadi iPhone yang dijual ke pasaran.

Mereka mendistribusikan iPhone cacat itu selayaknya perangkat Apple yang asli. Bahkan, jumlah iPhone hasil perakitan komponen cacat terjual lebih dari 300 ribu unit di Negeri Tirai Bambu.

iPhone 11 Pro. (Apple)

 

Skema penipuan ini disebut sudah menghasilkan pemasukan setidaknya 43 juta dolar AS atau sekitar Rp 601 miliar, dan sudah berlangsung selama tiga tahun ke belakang.

Sialnya, Apple baru mengetahui masalah ini pada Juni lalu, yang langsung memicu audit internal di tubuh Foxconn. Setelah diaudit, otak dibalik kecurangan ini bermuara dari si pengusaha asal Taiwan yang namanya dirahasiakan.

Dalam laporan audit tersebut, si pengusaha bekerja sama dengan sejumlah pegawai setingkat manajer di pabrik Foxconn di Zhengzhou.

Di sisi lain, Terry Gou yang merupakan mantan bos Foxconn, menolak berkomentar panjang mengenai masalah ini. Meski begitu, ia menilai bahwa masalah ini tidak mengejutkan jika melihat besarnya perusahaan tersebut.

"Hal yang tak diinginkan mungkin terjadi oleh satu atau dua pegawai, jika kita melihat besarnya perusahaan Foxconn," tandasnya.

Itulah laporan terbaru yang mengungkap kecurangan pegawai Foxconn yang memakai komponen cacat dalam perakitan iPhone. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Truk Produk Jadi Sasaran Rampok, Apple Rugi Rp 93 Miliar