Kamis, 29 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 Desember 2019 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Dari bocoran terbaru, diketahui Samsung Galaxy S11 Plus akan memakai Kamera 108 MP. Namun bukan sembarang sensor yang digunakannya.

Seperti diketahui, Xiaomi Mi Note 10 menjadi smartphone pertama dengan sensor kamera 108 MP. Kualitas foto yang dihasilkan mendapatkan banyak pujian.

Smartphone Xiaomi tersebut memakai sensor kamera 108 MP Samsung ISOCELL Bright HMX. Namun bukan sensor ini yang akan dipakai Samsung Galaxy S11 Plus.

Dikutip dari GSM Arena, smartphone flagship ini akan memakai sensor kamera 108 MP Samsung ISOCELL Bright HM1, yaitu versi custom Bright HMX pada Xiaomi Mi Note 10.

Jika ISOCELL Bright HMX memakai teknologi Tetracell yang mirip dengan Quad Bayer, sensor kamera baru ini memakai teknologi Nonacell.

Kabar ini diungkap oleh leaker ternama, Ice Universe melalui akun Twitterny @UniverseIce. Disebutkan pemakaian teknologi ini meningkatkan kemampuan di low-light.

Sensor kamera 108 MP Samsung ISOCELL Bright HMX. (Samsung)

 

Sama teknologi sebelumnya, Nonacell memadukan piksel dari sensor kamera 12 MP hingga menciptakan foto yang beresolusi 108 MP.

Bedanya, teknologi menggabungkan 9 piksel untuk menjadi satu piksel berukuran besar. Yaitu 2.4µm (0.8µm x 3) dibandingkan 1.6µm pada Quad Bayer.

Dengan teknik ini, dipercaya membuat sensor kamera lebih sensitif pada kondisi kurang cahaya. Dan pastinya meningkatkan dynamic range foto.

Bocoran Samsung Galaxy S11 Plus. (Twitter)

 

Sayangnya teknologi sensor kamera 108 MP yang baru ini belum diungkapkan secara resmi oleh Samsung. Namun menurut leaker, akan dipasangkan pada Samsung Galaxy S11 Plus.

BACA SELANJUTNYA

Kerja Sama dengan Stanford, Samsung Buat Layar OLED 10.000 PPI