Jum'at, 03 April 2020

48 MP Kurang? Samsung Siapkan Sensor Kamera 144 MP

Samsung siapkan proses produksi dan teknologi baru untuk kamera 144 MP ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sensor kamera smartphone. (HiTekno.com)
Ilustrasi sensor kamera smartphone. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Perang resolusi kamera seolah tak ada hentinya, setelah perang 48 MP, disusul 64 dan 108, kini Samsung bersiap dengan sesor kamera 144 MP.

Dikabarkan GSM Arena, perusahaan asal Korea Selatan ini telah bersiap dengan fabrikasi 14 nm FinFET yang ditujukan untuk produksi sensor kamera.

Dengan teknologi fabrikasi ini, Samsung menjanjikan untuk produksi sensor kamera 144 MP dalam waktu dekat.

Tantangan utama yang dihadapi sensor kamera adalah pemakaian voltase tinggi, sekitar 2 volt ke atas yang jelas memakan banyak daya.

Tantangan produsen sensor kamera adalah membuatnya bisa bekerja dengan voltaser serendah mungkin untuk mengurangi panas dan efisiensi daya.

Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Samsung)
Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Samsung)

 

Tim riset Samsung mengklaim teknologi 14 nm FinFET ini memungkinkan mereka untuk mengurangi 42 persen pemakaian daya pada sensor kamera 144 MP.

Menariknya lagi, sensor kamera ini juga memungkinkan mengambil foto dalam frame per second tinggi. Bahkan sanggup di 10 fps.

Hebatnya, untuk 12 MP bisa mengambil merekam video dari 30 hingga 120 fps. Di samping itu bisa menghemat daya hingga 37 persen.

Sayangnya pengumuman dari Samsung ini masih belum mendetail. Belum diketahui berapa ukuran pixel yang digunakan untuk sensor kamera ini.

Kita nantikan saja sensor kamera 144 MP dari Samsung dengan teknologi baru mereka ini. Siapa yang pertama memakainya?

Terkait

Terkini