Minggu, 27 September 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 11 Desember 2019 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Layanan peta Google Maps sangatlah populer digunakan karena memang bermanfaat dan mudah. Namun sayangnya, aplikasi navigasi itu bisa jadi bumerang nantinya.

Kenapa? pasalnya, layanan peta Google Maps ini secara otomatis mencatat kemana saja kamu pergi, lengkap dengan tanggal dan waktunya.

Data-data lokasi dan waktu keberadaan kamu memang penting. Mungkin satu saat kamu ingin bernostalgia, melihat-lihat lagi tempat-tempat yang pernah didatangi bertahun-tahun lalu.

Tetapi penting juga diingat, bahwa menyimpan catatan perjalanan - apalagi jika sudah menjadi rutinitas - dalam server Google punya risiko tersendiri.

Jika data-data itu jatuh ke tangan yang salah, bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif. Pihak yang tak bertanggung jawab bisa memanfaatkannya.

Ilustrasi Google Maps. (Pixabay/deepanker70)

 

Nah, berikut ini adalah cara untuk menghapus data-data perjalanan dan lokasi Anda di Google Maps, sekaligus cara untuk menghentikan aplikasi navigasi itu terus membuntuti Anda:

  1. Buka aplikasi Google Maps dalam gawai Android atau iOS kamu.
  2. Klik menu - disimbolkan oleh tiga garis horizontal di bagian kiri atas aplikasi
  3. Pilih opsi Your Timeline
  4. Klik tiga titik di pojok kanan layar
  5. Pilih opsi Setting and privacy
  6. Pilih opsi Automatically delete location history (semua data lokasi Anda akan langsung terhapus)
  7. Ubah setingan dari Keep until i delete manually ke Keep for 18 months atau Keep for 3 months

Untuk setingan yang terakhir ini, pilihlah salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu: ingin membiarkan riwayat kamu tersimpan selama 18 bulan atau cuma tiga bulan sebelum dihapus secara otomatis oleh Google Maps.

Itulah cara menghapus riwayat Google Maps dengan mudah tanpa repot. Buat kamu pengguna layanan peta dan aplikasi navigasi ini, mungkin bisa menjajalnya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Tampilan Baru, Kini Google Maps Hadir Lebih Berwarna