Selasa, 02 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 10 Desember 2019 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Smartphone 5G bakal jadi tren seiring perkembangan jaringan 5G. Bukan cuma kelas premium, namun juga bakal ramai smartphone 5G murah.

Beberapa pabrikan smarpthone pun sudah bersiap untuk menyambut tren jaringan 5G. Dari Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, dan tidak ketinggalan Samsung.

Dari sisi chipset pun tidak ketinggalan untuk menghadirkan chipset baru yang mendukung jaringan 5G. Dari Qualcomm, Huawaei, dan pastinya MediaTek.

Dikutip dari GSM Arena, Samsung juga berencana untuk menghadirkan smartphone 5G murah. Untuk bisa merealisasikan, digandenglah MediaTek.

Perusahaan asal Korea Selatan ini diketahui sedang melakukan negosiasi pada MediaTek terkait pemakaian chipset 5G murah.

Diduga chipset 5G murah MediaTek ini akan digunakan untuk seri Galaxy A dan M. Terutama seri yang menyasar kelas low-end dan mid-rang.

Jika negosiasi ini berjalan mulus, diprediksi smartphone 5G murah Samsung ini bakal hadir ke pasaran pada 2020 mendatang.

Gedung Samsung Campus. (Samsung)

 

MediaTek sendiri belum lama ini mengenalkan chipset baru yang sudah memakai modem 5G terintegrasi. Salah satunya MediaTek Dimensity 1000.

Tak berselang lama, perusahaan Taiwan ini mengenalkan dua chipset baru lagi. Yaitu MT6885 dan MT6873, keduanya juga telah dilengkapi dukungan jaringan 5G.

Menariknya, dua chipset ini dihadirkan untuk kelas low-end dan mid-rang. Sehingga memungkinkan dibuatnya smartphone 5G murah.

Banyak brand smartphone, termasuk Samsung berminat menghadirkan smartphone 5G murah guna mendorong perluasan jaringan 5G.

Untuk bisa menghadirkan smartphone 5G murah, nampaknya chipset baru MediaTek tersebut jadi solusi mudah bagi Samsung.

BACA SELANJUTNYA

Spesifikasi Samsung Galaxy M11, HP Rp 2 Jutaan dengan Baterai Jumbo